Sukses

Target Campuran Biodiesel dengan Solar Ditambah Jadi 3,5 Juta Kl Tahun Ini

Kementerian ESDM menargetkan campuran biodiesel dengan solar menjadi 3,5 juta kl pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) meningkatan target campuran biodiesel dengan Solar menjadi 3,5 juta kilo liter (kl). Kenaikan ini akibat perluasan pelaksanaan program campuran biodiesel dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Solar.

Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan, realisasi penyerapan biodiesel yang dicampur Solar bersubsidi pada tahun lalu sebesar 15 persen (B15) mencapai 2,86 juta kl. Sedangkan tahun ini ditargetkan meningkat menjadi 3,5 juta kl.

 

‎"Beda per tahun untuk 2017 hanya PSO (subsidi) saja dari Januari sampai Desember konsumsi biodiesel 2,86 juta kl," kata Rida di Kantor Direktorat Jenderal EBTKE, Jakarta, Kamis (19/4/2018).

Rida mengungkapkan, peningkatan target penyerapan campuran biodiesel‎ pada tahun ini dilatarbelakangi oleh perluasan campuran biodiesel dengan Solar yang dikonsumsi industri pertambangan. Dengan campuran biodiesel 15 (B15) persen dan kereta dengan campuran 5 persen (B5). Sehingga pencampuran biodiesel dengan Solar tidak hanya diterapkan pada Solar bersubsidi saja.

‎"Sementara target kita 2018 maksimum perluasan sektor pertambangan itu kita harapkan ‎3,5 juta kl, jadi kurang lebih ada tambahan 600 ribu. Itu terdiri PSO (Solar subsidi), KAI B5 dan B 15 pertambangan," paparnya.

Menurut Rida, program pencampuran biodiesel dengan Solar ‎membawa banyak manfaat, di antaranya mengurangi konsumsi Solar, meningkatkan harga biodiesel, penghasil devisa, dan mengurangi emisi gas rumah kaca sehingga ramah lingkungan.

"Kenaikan CPO akan menguntungkan petani sawit bagaimana caranya mendongkrak harga biodiesel sendiri," tandasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mangkir Mencampur Biodiesel dengan Solar, Siap Kena Denda

Pemerintah akan mengenakan sanksi kepada perusahaan penyalur bahan bakar minyak (BBM) subsidi yang tidak mencampur biodiesel dengan solar. Langkah ini seiring mandat peningkatan campuran biodiesel menjadi 20 persen pada tahun depan.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil usai rapat koordinasi tentang Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) mengatakan, pemerintah ingin menegakkan peraturan lebih ketat agar industri melaksanakan amanat tersebut.

"Jadi pendekatan hukum, misalnya kalau tidak mencampur (biodiesel dan solar) harus didenda. Denda itu harus dilaksanakan supaya efektif," tegas Sofyan saat ditemui di kantor Kemenko Bidang Perekonomian, Jumat (27/11/2015).

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu mengaku, jika lalai atau mangkir dari kewajiban mencampur biodiesel dengan solar, maka perusahaan yang ditunjuk BPH Migas untuk menyalurkan BBM bersubsidi ini akan kena denda Rp 6.000 untuk setiap liter.

"Itu targetnya karena kita ingin mengurangi emisi karbon sampai 20 persen dan energi terbarukan dari energy mix jadi target nasional. Jadi bukan membela sawit melainkan untuk mengejar target energy mix 23 persen sampai 2025," jelasnya.

Saat ini, perusahaan yang melakukan pencampuran solar dengan minyak kelapa sawit di Indonesia, salah satunya PT Pertamina (Persero). Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut juga merupakan pemenang tender penyaluran BBM bersubsidi bersama PT AKR Corporindo Tbk.

Sebelumnya, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro mengatakan, tahun depan sesuai dengan roadmap pemerintah akan menaikkan persentase mandatori pemanfaatan FAME pada bahan bakar diesel dari saat ini yang berada di level 15 persen untuk PSO dan industri dan 25 persen untuk ketenagalistrikan, menjadi 20 persen dan 30 persen.

Total proyeksi kebutuhan FAME yang dapat dipasok Pertamina pada tahun depan diperkirakan mencapai 5,14 juta kl, terdiri dari 2,76 juta kl untuk PSO 1,12 juta kl untuk biosolar industri, dan 1,26 juta kl Biosolar yang dipasok untuk pembangkit listrik. Besaran ini lebih tinggi dibandingkan dengan proyek awal sekitar 4,8 juta kl.

“Apabila diasumsikan rata-rata indeks harga gasoil tahun depan di kisaran US$ 60 per barel, maka Pertamina akan menghemat devisa sebesar US$ 1,94 miliar. Langkah ini menjadi satu lagi bukti penting dan konkret upaya Pertamina untuk mencegah aliran devisa ke luar negeri, khususnya dari impor solar,” kata Wianda.

Sementara itu, untuk tahun ini Pertamina menargetkan dapat menyalurkan FAME sebanyak 966.785 kl hingga akhir tahun. Jika asumsi harga indeks pasar gasoil US$60 per barel, penyerapan FAME tersebut setara dengan penghematan devisa sekitar US$ 360 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini