Sukses

Cara Hemat Aneh dan Unik yang Dilakukan Orang, Berani Coba?

Cara-cara yang cukup unik, kreatif serta aneh untuk berhemat dan menabung. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cara yang dilakukan orang agar bisa hidup hemat, salah satunya tentu dengan menekan pengeluaran bulanan. Namun godaan yang kadang datang menghampiri membuat sulit untuk menahannya, sehingga dengan mudah mengeluarkan uang untuk sesuatu yang tak penting. 

Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan seseorang bisa menjadi semakin inventif ketika tiba waktu untuk memenuhi kebutuhannya. Apalagi jika sudah berkeluarga, akan merasakan tekanan akibat meningkatnya biaya hidup, mereka pun mencari cara untuk menghemat uang di sana-sini. 

Melansir situs Irish News, lembaga survei Carphone Warehouse menanyai lebih dari 5.000 orang tentang bagaimana cara mereka melakukan penghematan, khususnya setelah berkeluarga. Hasilnya ditemukan cara-cara yang cukup unik, kreatif serta aneh untuk berhemat dan menabung. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang aneh dan menakjubkan yang dilakukan orang dalam menghemat uang:

1. Memanfaatkan kartu hadiah dan menukar kupon belanja. Meningkatkan poin belanja dapat membantu Anda menghemat uang di toko favorit.

2. Menjahit pakaian yang robek untuk membuatnya bertahan lebih lama. Selain tak perlu beli baju baru, trik hemat ini juga membantu untuk membuat jarum dan benang jadi lebih terlihat berguna

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3. Bawa Bekal

Membawa bekal makan siang ke tempat kerja. Cara yang bagus untuk membuat tabungan jadi lebih gendut.

4. Membungkus kembali hadiah yang telah Anda terima untuk diberikan kepada orang lain. Meskipun hal ini tujuannya untuk mengurangi biaya belanja, namun dapat berisiko menyinggung pemberi hadiah jika ia mengetahuinya. 

5.  Belanja di pasar murah. Untuk ini, Anda perlu mengetahui kapan waktu pasar atau supermarket melakukan diskon maupun penurunan harga. Selain itu aktiflah mengecek media sosial dan email untuk peringatan diskon toko yang dapat membantu menghemat uang. 

 

3 dari 5 halaman

6. Hemat Air

Bawa air dari rumah saat akan bepergian atau makan di luar. Cara lainnya menghemat air dengan tidak menyiram toilet setiap waktu. Kalau ini Anda harus mencapai kesepakatan dulu dengan orang serumah tentang hal tersebut.

7. Menjadi penata rambut serta memotong rambut sendiri. Anda tidak perlu ke salon dan membayar seseorang untuk membuat tatanan rambut baru yang sedang tren. 

8. Membuat makanan sendiri. Pilihan penghematan uang yang sehat dan bermanfaat. 

9.   Membeli pakaian dari acara amal. Selain berhemat, cara ini juga memiliki manfaat untuk tujuan baik pada saat yang bersamaan.

4 dari 5 halaman

10. Mengisi daya ponsel atau laptop di kantor

Jika tak ingin dapat masalah, sebaiknya bicarakan dengan atasan terlebih dahulu mengenai hal ini. Ditambah lagi, rekan kerja juga jangan sampai tersandung karena tumpukan kabel yang terpasang di meja Anda.

11.   Menimbun bumbu gratis dari restoran. 

12.   Makan di rumah teman atau kerabat. Cara ini memang dapat menghemat uang, tetapi tentu dengan memanfaatkan orang lain. 

13.   Mencari kode diskon dari toko online. Cara cepat untuk mendapatkan uang instan dari pembelian di internet.

14.   Membeli buku bekas pakai. 

 

5 dari 5 halaman

15. Minta diskon

Meminta petugas toko untuk diskon barang yang rusak. Keterampilan negosiasi yang baik bisa sangat membantu dalam menghemat uang dengan cara ini. 

17.   Menggunakan kartu cashback untuk pembelian di dalam toko. Uang yang diperoleh dari cashback tentu akan segera bertambah.

18.   Menonton TV dengan lampu mati agar lebih hemat listrik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini