Sukses

Penerbangan di Hari Selasa Jauh Lebih Murah, Benarkah?

Banyak orang percaya bahwa penerbangan di hari Selasa jauh lebih murah dibanding hari lain. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Liburan saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Apalagi saat ini sudah banyak sekali travel agent yang membuat promo besar-besaran melalui travel fair. Kalau beruntung, kamu akan mendapatkan biata murah untuk liburan.

Rupanya beberapa orang memiliki anggapan bahwa ada hari yang mempengaruhi biaya liburan cukup murah. Selasa merupakan hari yang paling banyak dipilih masyarakat untuk pergi berlibur karena dipercaya di hari itu perjalanan jauh lebih murah dibanding hari lain.

Direktur Niaga AirAsia Indonesia, Rifai Taberi mengatakan, sebenarnya untuk penerbangan murah tergantung pada musim. Misal, saat bulan puasa tiket pesawat terbang ternyata jauh lebih murah.

"Sebenarnya bukan masalah hari untuk mendapatkan tiket pesawat murah tetapi season. Seperti yang tadi saya bilang kalau bulan puasa itu biasanya airlines akan memberikan promo tiket pesawat murah karena ketersediaan kursinya cukup banyak," ujar Rifai seperti dikutip dari Brilio.net.

Dia menuturkan bahwa bila di komparasi dengan hari di akhir pekan, kemungkinan besar bahwa hari Selasa bisa jauh lebih murah dalam pembelian tiket atau melakukan penerbangan. Pembelian tiket murah juga bisa dipengaruhi masing-masing rute.

Menurutnya, setiap rute atau destinasi memiliki karakternya masing-masing. Seperti saat berkunjung ke Bali tentunya orang lebih suka rekreasi di akhir pekan dan sudah pasti harga tiket yang dibeli jauh lebih mahal.

Berbeda dengan mereka yang memilih liburan ke Surabaya dari Jakarta. Di mana banyak orang yang melakukan perjalanan day trip atau berangkat pagi dan pulang malam.

"Setiap rute memiliki karakter masing-masing. Jadi misalnya Jakarta-Surabaya itu lebih trunk road ya bahkan day trip juga banyak berangkat pagi pulang malam. Namun kalau untuk rute leisure seperti Bali itu pastinya weekend yang ramai," pungkasnya.

Reporter: Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Liburan Murah Meriah

Apakah Anda sedang ingin liburan tapi sedang tidak punya banyak uang? Atau gajian masih lama dan Anda harus mengirit sehingga tidak bisa pergi berlibur?

Tenang saja, dengan biaya terbatas, Anda masih bisa pergi liburan. Sudah barang tentu, jangan pilih destinasi yang terlalu jauh karena biaya penerbangan dapat menguras kantong dan menghabiskan banyak waktu.

Jika dana Anda terbatas tapi sedang benar-benar ingin berlibur, Anda harus serius membatasi pengeluaran dan tidak membuang-buang uang untuk keperluan yang tidak penting. Melansir laman magforwomen, berikut lima trik supaya Anda bisa liburan dengan dana terbatas:

1. Lakukan banyak riset

Dengan biaya terbatas, pastikan Anda melakukan banyak riset sebelum pergi berlibur. Itu agar Anda dapat menemukan biaya akomodasi termurah saat berlibur.

Tentu saja Anda harus sabar dalam melakukan perbandingan guna mendapatkan akomodasi liburan yang sesuai dengan isi kantong. Harga tiket kendaraan saat ini terus berubah-ubah. Pastikan Anda mendapatkan harga yang termurah dengan riset yang dilakukan.

2. Pilih penginapan yang biasa saja

Saat Anda liburan dengan anggaran terbatas, tentu Anda harus melakukan beberapa pengorbanan kecil. Termasuk tidak memilih penginapan dengan banyak fasilitas yang dapat menguras isi kantong Anda.

Anda juga bisa berbagi penginapan dengan traveller lain dengan fasilitas yang tak biasa. Untungnya, Anda bisa mendapat teman baru dengan cara ini. Namun tetap utamakan keamanan dan keselamatan saat memilih penginapan.

 

3 dari 3 halaman

3. Konsumsi makanan lokal

Jika rasanya cocok dan perut Anda tak bermasalah, cobalah untuk ikut mengkonsumsi makanan lokal. Biasanya, harga makanan lokal jauh lebih murah dibandingkan Anda mengkonsumsi makanan di restoran.

Sebaliknya, jika anggaran Anda memang terlampau kecil, sebaiknya cobalah mengkonsumsi buah-buahan dan buah selama berlibur. Roti isi setidaknya dapat memberikan energi yang dibutuhkan selama berlibur.

4. Jangan beli banyak oleh-oleh

Saat berada di tempat wisata, Anda akan cenderung tergoda membeli barang-barang eksotis yang Anda lihat. Belum lagi keinginan untuk membawakan buah tangan bagi teman-teman di tempat asal.

Namun ingat, membeli banyak oleh-oleh hanya akan meningkatkan berat barang bawaan yang berakhir pada tambahan biaya bagasi. Tahan keinginan untuk membeli banyak oleh-oleh. Selain dapat menghemat uang juga dapat menghindarkan Anda dari tambahan biaya bagasi.

5. Jalankan liburan sesuai rencana

Sekali Anda membuat rencana berlibur dengan anggaran terbatas, jangan pernah melanggar rencana tersebut. Pasalnya, uang dapat terkuras begitu saja saat Anda tak dapat mengendalikan diri. Jadi, selamat .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.