Sukses

Menuju Pemerintahan Berkelas Dunia, Kementerian BUMN Gandeng PANRB

Kementerian BUMN akan mengoordinasikan dan mendorong agar BUMN terlibat dan berpartisipasi aktif dalam upaya akselerasi reformasi birokrasi dan peningkatan kinerja birokrasi di pemerintahan.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), di Kantor BUMN, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Menteri BUMN, Rini Soemarno mengatakan nota kesepahaman ini bertujuan menciptakan kerja sama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan untuk akselerasi reformasi birokrasi menuju pemerintah berkelas dunia.

"Sebagai agent of development, BUMN telah menunjukkan kualitasnya sebagai perusahaan berkelas dunia. Pengalaman dan kompetensi BUMN perlu ditularkan pada birokrasi, guna mempercepat wujud berkelas dunia," imbuhnya.

Melaui MoU ini, pihaknya akan mengoordinasikan dan mendorong agar BUMN terlibat dan berpartisipasi aktif dalam upaya akselerasi reformasi birokrasi dan peningkatan kinerja birokrasi di pemerintahan.

Adapun ruang lingkup nota kesepahaman ini meliputi, pengembangan human capital managrment di lingkungam birokrasi pemerintahan. Ini mulai dari tahap perencanaan, perekrutan, dan orientasi, pengembangan kapasitas, penilaian kinerja dan reward, pengembangan karir, sampai dengan purnabakti.

Kemudian, pengembangan enterpreneurship dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintahan menuju pemerintah yang efektif, efisiens dan akuntabel.

Reporter: Dwi Aditya

Sumber: Merdeka.com

 

Tonton Video Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pendayagunaan SDM

Selanjutnya, penerapan teknologi informasi dalam tata kelola pemerintahan, khususnya dalam pengembangan sumber daya manusia aparatur dan pendayagunaan Chief Executive Officer (CEO) BUMN dalam pendidikan dan pelatihan Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menteri PANRB, Asman Abnur mengatakan bahwa hal ini dilakukan untuk menciptakan kerja sama yang saling menguntungkan dan berkelanjutan dalam mengakselerasi reformasi birokrasi, khususnya dalam pengembangan manajemen ASN.

“Kami membutuhkan dukungan dan bantuan dari semua stakeholders, termasuk dari jajaran BUMN yang pembinaannya ada di bawah koordinasi Kementerian BUMN,” ujar Menteri Asman

Dalam hal meningkatkan kapasitas ASN, Kementerian PANRB bersama Lembaga Administrasi Negara (LAN) tengah melakukan penyempurnaan sistem Pendidikan dan Pelatihan (diklat).

“Saat ini kami sedang mendorong transformasi diklat konvensional menjadi diklat berbasis Human Capital Management melalui pengembangan ASN Corporate University,” jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kementerian BUMN merupakan kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan pembinaan badan usaha milik negara (BUMN).

    Kementerian BUMN