Sukses

BCA Akan Terbitkan Dua Juta Kartu Debit Berlogo GPN pada 2018

Manajemen BCA menyatakan, kartu debit berlogo GPN hanya dapat digunakan untuk transaksi dalam negeri.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meluncurkan kartu Paspor BCA demgan logo GPN (Gerbang Pembayaran Nasional).

Hal ini selaras dengan komitmen pemerintah untuk mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional demi terciptanya efisiensi sistem pembayaran, meningkatkan keamanan, dan memperkuat kemandirian sistem pembayaran nasional. 

"Harapannya masyarakat nyaman karena bisa bertransaksi di any chanel dari perbankan. Kami siap dengan mesin yang sudah siap menerima kartu GPN ini di ATM dan EDC, dan kami siap. Kartu ini sudah mulai tersebar, kami fokus di Jakarta dulu, dan akhirnya tersebar ke seluruh Indonesia," ungkap Direktur BCA, Santoso di Menara BCA, Jl. MH. Thamrin, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Ia pun menjelaskan, kartu ini hanya dapat digunakan untuk transaksi dalam negeri. Bagi pemegang kartu debit berlogo GPN ini akan memudahkan transaksi.

"Kartu ini untuk transaksi negeri artinya hanya bisa digunakan di dalam negeri. Di wilayah Indonesia saja. Memang ditujukan untuk masyarakat yang memang belum punya rencana pergi ke luar negeri. Mungkin 90 persen transaksinya domestik, kalau domestik kenapa kita dapat kartu yang lebih mahal, dengan sewaktu dapat dipakai di luar negeri, padahal jarang," ujar dia.

Santoso mengatakan, bagi pemegang kartu kredit BCA dengan teknologi magnetik, akan langsung mendapatkan kartu yang telah dilengkapi dengan chip ketika menukar kartunya. 

”Tentunya dengan diluncurkannya kartu Paspor BCA GPN yang juga sudah menggunakan standar nasional teknologi kartu chip ini dapat menambah keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terbitkan Dua Juta Kartu

Dia menyampaikan, BCA menargetkan dua juta kartu Paspor BCA GPN hingga akhir 2018. Bagi nasabah yang mau menukarkan kartunya dengan kartu berlogo dapat langsung mendatangi kantor cabang BCA terdekat.

Bagi masyarakat yang belum sempat menukarkan kartu di kantor cabang, bisa melakukan penukaran melalui mesin penukar kartu yang telah disediakan. Tercatat sudah 200 mesin yang disediakan BCA.

"Time frame kapan harus dipersiapkan. Prinsipnya bisa diganti di mesin ini, bisa diganti di semua cabang BCA, mesin ini hanya membantu saja. Karena rencananya mesin ini hanya untuk after office hour saja baru diakses. Khusus untuk penukaran Paspor BCA lama berbasis magnetik stripe, tidak dikenakan biaya," ujar dia.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Departemen Eletronifikasi dan Gerbang Pembayaran Nasional Bank Indonesia, Pungky Wibowo mengatakan, salah satu kemudahan yang didapat pemegang kartu berlogo GPN ini adalah dapat bertransaksi di mana pun dan melalui ATM bank mana saja.

"Dari segi efisiensi bisa di mana saja. Satu merchant satu pedagang terus EDC banyak, (dengan penerapan GPN) bisa hanya satu EDC saja," kata dia. 

 

 

Reporter: Wilfridus S.

Sumber: Merdeka.com

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.