Sukses

4 Trik Jitu Bereskan Masalah Finansial buat Generasi Milenial

Sebagai genarasi milenial yang open minded, Anda sebaiknya bisa menyelesaikan masalah finansial tersebut dengan baik. Berikut ini adalah cara-cara untuk bereskan masalah finansial.

Liputan6.com, Jakarta - Zaman yang sudah serba modern ini membuat para generasi milenial harus bisa bertanggung jawab atas dirinya sendiri dan bahkan bisa memengaruhi orang lain juga. Ada banyak hal yang wajib atau harus diselesaikan para generasi milenial.

Misalnya, rencana hidup ke depannya agar nantinya para generasi ini memiliki tujuan hidup yang jelas dan tahu ke mana harus pergi dan tahu apa yang akan mereka lakukan selanjutnya. Masalah finansial yang sering kali muncul pada setiap orang termasuk yang akan dihadapi generasi milenial adalah masalah kesiapan dalam finansial.

Finansial termasuk salah satu hal yang sensitif untuk dibahas. Namun, sebagai generasi milenial yang open minded, Anda sebaiknya bisa menyelesaikan masalah finansial tersebut dengan baik.

Dikutip dari Cermati.com, berikut ini adalah cara-cara untuk bereskan masalah finansial.

1. Miliki Tujuan Finansial yang Jelas

Salah satu yang wajib diselesaikan para generasi milenial adalah persoalan dalam menentukan tujuan finansial. Persoalan ini masih belum diselesaikan kebanyakan generasi milenial. Mungkin karena para generasi tersebut masih awam dalam urusan finansial.

Namun, bukan berarti mereka diam saja dan lantas tidak peduli dengan urusan finansial untuk masa depan. Para generasi milenial seharusnya memahami dan mampu mengidentifikasi apa saja persoalan yang harus diselesaikan.

Misalnya, rencana membeli rumah maka perhitungkan berapa biaya pembelian dan pengurusan hingga rumah tersebut menjadi miliki Anda. Pastikan jika Anda memprioritaskan apa yang benar-benar Anda butuhkan di masa depan. (Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan bila Barang Hilang di Bagasi Pesawat?)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Kontrol Keuangan secara Baik dengan Menghindari Perilaku Konsumtif

Sudah saatnya para generasi milenial sadar ketika membelanjakan uangnya. Prioritaskan yang menjadi kebutuhan dan bukan membeli yang diinginkan. Jangan membuat belanja adalah akhir dari segalanya dan menghabiskan seluruh uang Anda dalam urusan ini.

Bijaklah dalam menggunakan uang untuk hal apa pun. Pastikan jika segala kebutuhan terjamin atau sudah dipenuhi lebih dulu. Hal inilah yang menjadi sebuah tantangan bagi generasi milenial. Sebab akan ada banyak sekali pihak yang memberikan penawaran belanja dengan diskon atau potongan harga yang menarik perhatian para generasi milenial. Padahal, barang yang didiskon belum tentu dibutuhkan.

3. Lakukan Investasi dengan Menetapkan Tujuan Masa Depan

Tahukah Anda jika investasi adalah suatu kegiatan yang sangat menyenangkan dan menguntukan di masa mendatang. Namun, masih minim sekali jumlah generasi muda milenial yang tidak sadar akan pentingnya investasi.

Hal yang sering sekali menjadi halangan mereka untuk tidak melakukan investasi atau tertunda dalam berinvestasi adalah pengetahuan yang minim tentang apa itu investasi dan apa saja tujuannya untuk masa depan.

Karena itu, sebagai generasi milenial yang cerdas, Anda seharusnya aktif dalam mencari tahu tentang bagaimana merencanakan keuangan sejak dini untuk masa depan yang cerah dan bahagia, terutama dalam urusan finansial.

3 dari 3 halaman

4. Cara Menabung untuk Masa Depan atau Masa Tua

Ketahuilah jika hari dan waktu ini berjalan dengan sangat cepat sekali. Tentu hal ini juga akan membuat Anda cepat menemui hari tua, bahkan tenaga Anda juga akan semakin berkurang. Masalah yang sering dialami para generasi milenial adalah tidak tahu bagaimana caranya menabung atau bahkan tidak tahu betapa pentingnya menabung.

Sadarlah jika Anda harus menabung demi menjamin masa depan Anda sendiri. Anda bisa menabung sendiri dengan menyimpan uang di bank atau bahkan menggunakan jasa asuransi. Menabunglah mulai dari sekarang agar nantinya Anda tidak menyesal di kemudian hari. (Baca Juga: Fashion Ala K-pop Idol yang Paling Banyak Ditiru oleh Para Kpopers)

Apakah Saya Bisa Menjadi Milenial yang Mapan, Bagaimana Caranya?

Tentu saja Anda bisa menjadi generasi milenial yang sukses. Cara menjadi generasi milenial yang sukses adalah dengan menjaga niatan. Itu yang pertama. Jangan mudah berputus asa dan pastikan jika apa yang Anda lakukan selalu berada dalam kejujuran. Bekal utama untuk mendapatkan kesuksesan adalah dengan berusaha sekuat mungkin untuk membuat mimpi tersebut nyata.

Pastikan jika Anda membuat rencana hidup yang baik dan rapi. Jalani apa yang Anda rencanakan dengan penuh konsistensi. Jangan ragu untuk memulai sesuatu yang baru dan yang paling penting adalah aktif dalam menggali ilmu dan informasi untuk kemajuan diri sendiri, bahkan orang lain. Jangan malu untuk bertanya dan memperkaya ilmu Anda agar nantinya Anda bisa jauh lebih baik dari hari ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.