Sukses

Harga Telur Merangkak Naik Rp 3.000 per Kg di Awal Pekan Ini

Harga telur ayam di pasar tradisional masih tinggi di awal pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Harga telur di pasar tradisional masih tinggi di awal pekan ini.  Harga telur ayam negeri mengalami kenaikan menjadi sebesar Rp 24 ribu per kilogram (kg) di pasar Mencos, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Salah satu pedagang telur, Nur (30) menyatakan harga telur masih terpantau naik sekitar Rp 3.000 per Kg. 

"Harga telur hari ini Rp 24 ribu per kg, naik dari minggu lalu sebesar Rp 21 ribu per kg. Sudah naik dari seminggu yang lalu," tuturnya saat berbincang dengan Liputan6.com di Pasar Mencos, Jakarta, Senin (16/4/2018).

Menurut Nur, kenaikan harga telur ayam terjadi karena menjelang puasa dan Lebaran.

"Biasanya kalau naik ya musiman. Jelang puasa dan Lebaran pasti naik," ujarnya. 

Sementara itu, harga telur ayam kampung dan telur puyuh justru mengalami penurunan karena banyaknya pasokan dari beberapa daerah, seperti Padang dan Medan. 

"Untuk telur kampung, harganya turun dari Rp 2.500 per butir menjadi Rp 2.000 per butir hari ini. Telur puyuh juga turun dari Rp 35 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg. Barang dari luar pulau lagi banyak, dari Padang dan Medan, jadi turun harganya," ucap Nur. 

Nur lebih jauh menjelaskan saat ini komoditas telur yang terpantau stabil, yaitu telur bebek.

"Telur bebek harganya Rp 3 ribu per butir, biasanya Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribu per kg. Masih stabil," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Pedagang telur lainnya di Pasar Mencos, Puryadi (28) menuturkan, harga telur masih naik di pasar tersebut. 

"Minggu ini saya jual telur Rp 23 ribu per kg, naik dari harga Rp 21 ribu per kg. Dari pasar Kedoya-nya sudah naik," paparnya.

Sementara harga jual telur puyuh turun dari Rp 35 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg. Telur bebek dan telur kampung omega merosot yaitu Rp 2.500 per butir.

"Biasanya Rp 3.000 sampai Rp 4.000 per kg. Telur kampung biasa stabil, yakni Rp 2.000 per kg," tandas Puryadi. 

3 dari 3 halaman

Harga Ikan Stabil

Pedagang ikan di Pasar Mencos, Salimin (63) mengatakan, ikan kembung Rp 40 ribu per kilogram (kg), kakap dan tongkol Rp 50 ribu per kg, ikan bawal laut Rp 60 ribu per kg, bandeng Rp 40 ribu per kg dan ikan nila yaitu Rp 35 ribu per kg.

"Enggak ada yang naik, masih pada stabil," tuturnya.

Senada dengan Salimin, pedagang ikan laut lainnya yaitu Beni (51) menyatakan bahwa ikan laut masih cenderung stabil pada minggu ini.

"Masih pada stabil ya, belum ada yang naik apalagi turun. Harga cumi saya jual Rp 60 ribu per kg, ikan bandeng Rp 40 ribu per kg, serta ikan tongkol Rp 40 ribu per kg," ujarnya.

Beni mengungkapkan penurunan harga ikan laut biasa terjadi jika stok ikan masih tinggi.

"Kalau lagi banjir (stok) ikanya, baru biasanya pada turun harga ikan laut. Ikan enggak begitu sering naik, beda sama harga daging ayam yang selalu naik setiap minggunya," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini