Hari Ini Uji Coba Ganjil Genap di 2 Tol, Ada Bus Alternatif Bertarif Rp 20 Ribu

Oleh Maulandy Rizky Bayu Kencana pada 16 Apr 2018, 06:00 WIB
Diperbarui 16 Apr 2018, 06:00 WIB
Bus TransJabodetabek Premium

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) akan melakukan uji coba penerapan sistem ganjil genap di ruas tol Jagorawi dan tol Jakarta-Tangerang pada Senin besok (16/4/2018). Kebijakan itu dikeluarkan salah satunya untuk membuat para pengguna jalan tol beralih moda transportasi dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

Total sebanyak 40 bus Transjabodetabek Premium telah disiapkan BPTJ untuk melayani pekerja yang biasa berangkat pagi melewati kedua ruas tol itu, atau sekitar 20 bus untuk masing-masing jalan tol tersebut.

Kepala BPTJ Bambang Prihartono mengatakan, masyarakat yang hendak menaiki bus tol ini akan dikenakan biaya Rp 20 ribu per orang untuk sekali perjalanan.

"Ketentuan tarif itu mengikuti hasil survei kami soal ability to pay masyarakat, yaitu antara Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu," jelasnya saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (15/4/2018).

Namun begitu, Bambang menyatakan, ketentuan tarif itu mungkin nantinya bisa diturunkan dengan mengacu pada hasil evaluasi yang dilakukan oleh BPTJ.

"Tapi bukan berarti (tarif) belum bisa turun. Itu terus dievaluasi tiap hari," dia menambahkan. 

Adapun lokasi pemberangkatan bus Transjabodetabek premium itu terdapat di beberapa titik pemukiman sekitar Gerbang Tol (GT) tempat uji coba sistem ganjil genap diberlakukan, yakni GT Cibubur 2, GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2.

 

2 dari 2 halaman

Lokasi Pemberangkatan Bus

Bus TransJabodetabek Premium
Lokasi pemberangkatan bus TransJabodetabek Premium di Mega City, Bekasi Barat, Senin (12/3). Bus dengan tarif Rp20 ribu itu disiapkan agar masyarakat yang biasanya beraktivitas ke Jakarta beralih menggunakan kendaraan umum. (Liputan6.com/Arya Manggala)

Untuk di GT Cibubur 2, tersedia 20 bus yang bakal diberangkatkan dari lima perumahan, yaitu di Citra Grand, Legenda Wisata, Metland Transyogi, Cibubur Country, dan Cibubur Residence.

Sementara untuk 20 bus sisanya di GT Tangerang 2 dan GT Kunciran 2, Bambang menyebutkan, lokasinya ada di sekitar area dekat pintu exit Kunciran, yakni di Alam Sutera.

Terkait waktu pemberangkatan bus, itu akan lebih awal dibanding penerapan sistem ganjil genap yang akan berlangsung dari pukul 06.00-09.00 WIB. Bambang memaparkan, bus tol pertama akan mulai berangkat pada pukul 05.00 WIB.

"Bus akan berangkat dari jam 5 pagi sampai jam 7 pagi. Bus Transjabodetabek berangkat setiap 15 menit," tandas Bambang. 

Lanjutkan Membaca ↓