Sukses

Kemenhub Kucurkan Dana Rp 65 Miliar buat Mudik Gratis 2018

Kementerian Perhubungan buka program mudik gratis untuk mengurangi penggunaan sepeda motor saat mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan  anggaran mudik gratis Lebaran 2018 sebesar Rp 65 miliar. Anggaran mudik gratis itu dengan tiga moda transportasi Kereta, Kapal dan transportasi darat.

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, Kementerian Perhubungan telah membuka program mudik gratis, untuk mengurangi penggunaan sepeda motor saat mudik Lebaran.

Dengan rincian anggaran Rp 35 miliar untuk moda transportasi darat atau bus, Rp 20 miliar untuk moda transportasi kereta api, dan Rp 10 miliar untuk moda transportasi laut.

"Anggaran mudik gratis Rp 60 miliar sampai Rp 70 miliar," kata Budi, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (13/4/2018).

B‎udi mengungkapkan, saat ini pendaftaran mudik gratis sudah mulai diminati masyarakat. Untuk kereta hampir 100 persen mudik gratis yang membawa motor sudah diisi, buat bus 50 persen dan 40 persen transportasi laut.

"Kami juga buka (pendaftaran) di beberapa tempat dan buka juga di bawah (Kantor Kementerian Perhubungan)," ujar dia.

Budi menuturkan, Kemenhub sangat konsisten dengan fasilitas mudik gratis, melalui tiga moda transportasi tersebut. Dia pun menganjurkan perusahaan swasta juga menyediakan fasilitasmudik gratis untuk pegawainya.

"Kami tetap menganjurkan bantuan dari swasta, bahkan ada anjuran dari Kemenaker agar pengusaha-pengusaha juga mengadakan angkutan massal untuk mereka yang mau mudik,” kata Budi.

"Alangkah indahnya kalau tiap pabrik punya angkutan itu, sehingga apa yang kami adakan bukan untuk mereka yang bekerja di korporasi, tapi juga sektor informal," tambah dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Angka Kecelakaan Menurun

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan ‎Budi Setyadi mengatakan, angka kecelakaan yang sebagian besar terjadi pada pengguna sepeda motor menurun saat mudik. Ini karena makin bertambah fasilitas mudik gratis yang disediakan pemerintah dan perusahaan.

Tercatat pada 2016 ‎jumlah kecelakaan saat mudik Lebaran mencapai 1.261 kejadian, sedangkan pada 2017 mencapai 742 kecelakaan. Dia berharap angka kecelakaan saat mudik kembali turun pada musim mudik Lebaran 2018, dengan semakin bertambahnya fasilitas mudik gratis.

‎"Artinya kami mengharapkan masyarakat sudah enggak perlu pakai mobil pribadi lagi atau motor pribadi terutama. Saya berharap motor bisa dikurangi karena motor sangat resisten dan berpengaruh untuk mengakibatkan kecelakaan," kata dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.