Sukses

Tertarik Terjun di Bisnis Sewa Rumah? Simak Dulu 8 Kunci Sukses Ini

Tertarik mencoba bisnis ini? Jangan buru-buru dulu ya, karena ada beberapa poin penting yang harus Anda persiapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis Airbnb kini sedang dibicarakan oleh banyak orang. Meskipun begitu, sebagian orang lainnya masih belum paham tentang bisnis ini. Buat Anda yang belum tahu, bisnis Airbnb sebetulnya adalah bisnis penginapan biasa, yakni menyewakan kamar atau penginapan untuk para wisatawan. Namun, bedanya bisnis ini dijalankan secara online.

Dikutip dari Swara Tunaiku, seiring dengan semakin tingginya jumlah wisatawan di Indonesia dan teknologi yang juga semakin berkembang, maka para wisatawan semakin dimudahkan dalam memesan penginapan. Terbentuklah bisnis Airbnb yang memiliki prospek menjanjikan.

Tertarik mencoba bisnis ini? Jangan buru-buru dulu ya, karena ada beberapa poin penting yang harus Anda persiapkan. Nah, coba simak ulasannya berikut ini!

1. Renovasi dan dekorasi

Wisatawan biasanya akan mempertimbangkan kondisi rumah dan kamar. Siapkan semua keperluan, mulai dari renovasi hingga dekorasi ruangan. Akan lebih baik kalau kamar atau rumah memiliki dekorasi yang khas sesuai dengan daerah tempat wisatanya.

2. Tentukan harga

Salah satu kunci sukses bisnis Airbnb adalah tarif yang dikenakan. Tentunya wisatawan lebih tertarik dengan penginapan yang memasang harga lebih murah dari hotel. Supaya bisa memperbanyak konsumen, sebaiknya Anda pasang harga yang terjangkau dan wajar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Perlakukan tamu dengan ramah

Walaupun tarif yang dikenakan lebih murah dari hotel, tetaplah berlaku ramah kepada wisatawan. Perlakukan mereka dengan ramah layaknya hotel. Malah lebih baik lagi, kalau Anda bisa menjelaskan lebih dalam mengenai potensi wisata yang ada di sana, ibarat guide. Ide menjadi guide ini juga patut dicoba, siapa tahu bisa menambah pemasukan.

4. Daftarkan ke AirBnb

Ini jadi salah satu hal penting juga. Penginapan dan tarifnya sudah siap, jangan lupa setelah itu daftarkan bisnis Airbnb-mu. Pasang logo yang unik dan menarik supaya customer tergugah untuk menyewa, dan tentunya bisnis Anda akan selalu diingat oleh para customer.

3 dari 4 halaman

5. Testimoni pengunjung

Beberapa komentar positif tentang penyewaan penginapan Anda, bisa meyakinkan customer lain untuk tak ragu menyewa. Tuliskan berbagai testimoni tersebut setelah mereka selesai menginap, agar bisnis Airbnb-nya semakin terpercaya.

6. Promosi di media sosial

Pemasaran merupakan poin yang tak kalah penting. Kini sudah ada beberapa media sosial yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis Airbnb Anda. Blog, Twitter, Facebook, dan Instagram adalah beberapa wadah berpromosi yang cukup potensial. Jangan lupa cantumkan hastag di setiap postingan, agar orang lain mudah menemukannya.

4 dari 4 halaman

7. Hubungkan dengan pelanggan

Masyarakat zaman sekarang tak bisa terlepas dari aktivitas unggah dan posting di media sosial. Jika ada customer Anda yang demikian, minta mereka untuk mencantumkan nama tempat dan kontak yang bisa dihubungi, ya.

8. Legalitas

Bisnis tentu tak bisa lepas dari urusan legalitas. Setiap daerah memiliki cara atau aturan yang berbeda. Pastikan Anda memenuhi syarat yang telah diberikan.

Sekian referensi yang bisa Anda jadikan pedoman sebelum memulai bisnis Airbnb. Semoga Anda jadi lebih siap untuk berbisnis, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.