Sukses

Baru Masuk Dunia Kerja? Wajib Coba 5 Tips Jitu Ini

Untuk memulai karier di dunia kerja, ada baiknya Anda juga menyimak apa saja yang harus dilakukan untuk mengawali karier seperti berikut

Liputan6.com, Jakarta - Berkarier di dunia kerja adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya karakter diri seseorang. Sebab bagaimana pun, karakter seseorang akan dijadikan pertimbangan yang matang bagi perusahaan yang sedang menyeleksi pegawai.

Jika Anda akan memulai karier dalam dunia kerja, pastikan mental Anda juga harus kuat. Jangan mudah menyerah dan mengatakan jika Anda tidak bisa. Ingatlah jika semua hal bisa Anda lakukan dan tidak ada yang tidak bisa dilakukan dalam dunia kerja, kecuali sesuatu hal yang membahayakan dan merugikan setelah diperhitungkan risikonya.

Untuk memulai karier di dunia kerja, ada baiknya Anda juga menyimak apa saja yang harus dilakukan untuk mengawali karier seperti yang dikutip dari Cermati.com berikut ini.

1. Memperbaiki Kepribadian

Hal yang harus Anda perbaiki ketika akan memasuki dunia kerja adalah karakter atau kepribadian diri Anda. Mengapa karakter harus diperbaiki? Tentu saja agar nantinya tidak merugikan diri Anda sendiri.

Sebab bagaimana pun, dalam dunia kerja, karakter seseorang akan diperhitungkan dengan tepat. Mulailah belajar mengubah diri dari hal terkecil. Dengan begitu, integritas diri akan terbentuk. (Baca Juga: Cara Mendapatkan Uang di Internet yang Lagi Hits Buat Kerja Sampingan)

2. Menjaga Komitmen

Berusahalah menjaga komitmen yang sudah Anda buat, baik itu komitmen pada diri sendiri maupun komitmen dengan orang lain. Dengan menjaga komitmen ini, Anda akan jauh lebih baik dan bisa memiliki hidup yang lebih berkualitas dibandingkan sebelumnya.

Komitmen yang sudah Anda buat dengan orang lain juga harus dilakukan dengan cara yang benar. Tujuannya adalah agar nantinya tidak ada pihak yang dirugikan, termasuk dalam urusan pekerjaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Disiplin

Selanjutnya adalah memperbaiki diri dengan cara menepati segala aturan yang sudah dibuat, baik itu peraturan yang tertulis mapun yang tidak tertulis. Disiplin akan membuat hidup Anda jauh lebih teratur dan jauh lebih baik dari sebelumnya.

Mengapa demikian? Sebab dengan disiplin, Anda bisa melakukan segalanya dengan tepat waktu. Jangan ragu untuk membuat jadwal harian sendiri atau jadwal harian pribadi. Jika sudah membuat jadwal tersebut, ada baiknya ikuti rules yang sudah Anda buat sendiri demi kebaikian diri sendiri juga.

4. Menjalin Hubungan dengan Banyak Relasi

Kepribadian yang baik dan karakter yang menyenangkan akan sangat memudahkan Anda ketika akan menjalin hubungan pertemanan dengan banyak orang. Karena itulah, ubahlah karakter buruk Anda menjadi karakter yang menyenangkan bagi banyak orang.

Setidaknya, jadilah pendengar yang baik bagi banyak orang. Kelak Anda akan menjadi teman baik bagi banyak orang. Jalinlah hubungan dengan teman kerja. Hubungan yang baik akan membuat pertemanan Anda sehat dan menyenangkan.

Jika Anda memiliki banyak teman. Ini berarti Anda juga akan memiliki banyak relasi sehingga akan mudah sekali bagi Anda untuk mendapatkan masukan ataupun informasi yang mungkin sangat Anda butuhkan. (Baca Juga: 15 Tempat Kuliner Enak dan Murah di Jakarta Paling Pas Saat Lapar)

3 dari 3 halaman

5. Rendah Hati

Dalam suatu hubungan teman kerja, dibutuhkan yang namanya sikap rendah hati. Adanya sifat rendah hati akan membuat banyak orang lebih memilih Anda sebagai tempat curhatnya. Jangan ragu untuk bersikap rendah hati di tempat kerja.

Namun, jangan bersikap rendah hati hanya untuk pujian. Sebab hal tersebut sangat tidak baik dan membuat rekan kerja Anda di kantor hilang respek. Mintalah bantuan teman jika dirasa ada pekerjaan yang sulit dan tidak Anda mengerti agar nantinya tidak menyulitkan diri sendiri.

Pastikan jika sifat baik Anda memang melekat dan menjadi sifat asli dari dalam hati agar nantinya bisa menjadi pribadi yang menyenangkan bagi banyak orang.

Bagaimana Caranya Naik Jenjang Karier dengan Baik?

Ketahuilah jika Anda ingin mendapatkan jenjang karier yang tinggi, ada baiknya gunakan kemampuan Anda sebaik mungkin. Asah skill Anda semaksimal mungkin. Jangan mengerjakan sesuatu setengah-setengah dan selesaikan pekerjaan Anda tepat waktu.

Tunjukkan kualitas terbaik yang Anda miliki agar nantinya atasan Anda tidak ragu untuk menaikkan jabatan. Jangan ragu untuk berbagi ilmu dengan banyak orang dan pastikan untuk terus menunjukkan karakter atau pribadi positif Anda kepada semua orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini