Sukses

RI Jajaki Pasok Barang ke Ritel Besar di Arab Saudi

Kerja sama dengan toko modern Danube karena lokasi toko di kawasan Haramain di Makkah dan Madinah selalu ramai dikunjungi jamaah haji dan umroh dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia melalui Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah tengah menjajaki peluang memasok produk ke toko modern besar di Arab Saudi, yaitu Danube Company Ltd. Kerja sama ini merupakan proyek percontohan peningkatan perdagangan di sektor ritel antara Indonesia dan Arab Saudi.

"Kerja sama yang merupakan proyek percontohan ini bertujuan mendapatkan kemudahan memasuki pasar Arab Saudi dan meningkatkan penetrasi produk Indonesia ke Arab Saudi melalui jaringan ritel Danube Company Ltd. Nantinya diharapkan dapat meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia ke Arab Saudi secara signifikan," ujar Kepala ITPC Jeddah Gunawan dalam keterangannya, Selasa (10/4/2018).

Menurut Gunawan, kerja sama dengan toko modern Danube ini dilakukan karena lokasi yang berada dikawasan Haramain di Makkah dan Madinah yang selalu ramai dikunjungi jamaah haji dan umroh dari Indonesia untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari.

"Wilayah Haramain mempunyai captive market yang besar bagi produk Indonesia. Lebih dari 1,2 juta orang jamah haji dan umrah berkunjung ke tempat ini setiap tahunnya," jelas Gunawan.

Guna membahas rencana kerja sama tersebut, hingga saat ini ITPC Jeddah dan Danube Company Ltd.telah melakukan pertemuan bisnis sebanyak dua kali.

Pertemuan pertama berlangsung pada 22 Maret 2018 di Kantor Danube Company Ltd. di Jeddah, Arab Saudi.

Dalam pertemuan ini, ITPC Jeddah diterima langsung perwakilan manajemen Danube Company Ltd., Project Development ManagerYuslam Karama.

Pertemuan kedua berlangsung pada 25 Maret 2018, berlangsung di tempat yang sama. Dalam pertemuan ini, ITPC Jeddah diterima langsung Direktur Eksekutif Danube Company Ltd. AhmadA.R Bindawood.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Investasi Hotel

Sementara itu, Konsul Jenderal RI Jeddah M Hery Saripudin mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan bentuk dari inovasi dan kreativitas dalam meningkatkan nilai transaksi perdagangan Indonesia di Arab Saudi.

Tidak hanya itu, Danube Company Ltd. juga mempunyai bisnis di bidang perhotelan. Sebanyak limahotel yang dimiliki Danube Copany Ltd. tersebar di Makkah, Jeddah, dan Madinah.

Danube CompanyLtd. menyampaikan ketertarikannya berinvestasi di bidang perhotelan dan pariwisata di Bali yang merupakan destinasi wisata dunia.

Selain itu, kata Gunawan, Danube Company Ltd juga tertarik dengan jasa tenaga kerja profesional dari Indonesia, khususnya yang mempunyai kompetensi sebagai tenaga profesional perhotelan, akuntan,kasir, tenaga Production Planning and Inventory Control (PPIC), serta tenaga terampil potensial lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.