Sukses

26 Armada Kapal Pelni Siap Layani Mudik Gratis BUMN

Pelni dipercaya oleh 24 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan mudik gratis dengan menggunakan kapal laut.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni dipercaya oleh 24 Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyelenggarakan mudik gratis dengan menggunakan kapal laut.

Mudik bareng BUMN akan didukung 26 armada kapal Pelni, yang terdiri 1 armada tipe 3.000 pax, 11 armada tipe 2.000 pax, 9 armada tipe 1.000 pax, 3 kapal tipe 500 pax dan 2 kapal Roro. Angkutan lebaran dengan kapal laut akan dilaksanakan mulai H-15 tanggal atau pada 31 Mei hingga H+15 atau pada 1 Juli.

Corporate Secretary Pelni Ridwan Mandaliko mengatakan, Pelni siap mendukung kegiatan mudik bareng BUMN. Mudik, atau pulang kampung bersamaan menjadi agenda tahunan Bangsa Indonesia.

Kementerian BUMN menyediakan setidaknya 200 ribu tiket dengan berbagai moda, kereta api, bus, penyeberangan yang didanai 75 BUMN.

“Tahun 2018 ada 24 BUMN menyediakan mudik gratis dengan kapal laut Pelni. Kami siap mendukung kegiatan ini,” terang Ridwan Mandaliko dalam keterangannya, Senin (9/4/2018).

Bertahun-tahun, lanjutnya mudik gratis terfokus di Jawa. Dimana rute dari ibu kota DKI Jakarta menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian kecil ke luar Jawa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar BUMN

Beberapa BUMN yang menggunakan kapal Pelni untuk mudik gratis terdiri:

PT Jasa Raharja, PT. Pertamina

PT Semen Indonesia

PT Pupuk Indoensia

PT Timah

PT Pelindo 1

PT Pelindo 3

PT Brantas Abipraya

PT Jasindo

PT Jiwasraya

PT Jasa Marga

PT Pegadaian

PT LEN

PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA)

PT Indonesia Re (perusahaan asuransi)

PT RNI

Perum Jamkrindo

Perum Peruri

Bank Mandiri

Bank BRI

Bank BNI

PT Pelni yang akan memberangkatkan 1.000 pemudik ke pulau terluar.

Ridwan mengklaim, tarif kapal Pelni lebih murah dibanding tarif KA, bus maupun pesawat.

Meskipun permintaan angkutan laut saat lebaran juga tinggi, tarif tidak naik karena tarif kapal Pelni ditentukan pemerintah, Pelni menjalankan penugasan pelayanan publik di laut.

“Pelni menyiapkan 54.000 tiket perhari selama angkutan lebaran,” kata Ridwan.

Adapun penumpang kapal Pelni mendapatkan fasilitas tempat tidur, mandi air hangat, asuransi, makan sahur atau buka puasa, hiburan live musik di salon kapal, ibadah dan aneka kegiatan produktif pemanfaatan waktu berlayar.

Mudik gratis dengan kapal laut dapat dikemas menawan, tidak membosankan dan memberikan nilai tambah bagi pemudik dan BUMN penyelenggara.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.