Sukses

Kaesang Pangarep, Anak Presiden dengan Sejuta Kreativitas

Seperti sang kakak, Gibran, Kaesang Pangarep mencoba untuk mandiri dan tak mau minta uang dari ayahnya.

 

Liputan6.com, Jakarta - Kaesang Pangarep yang merupakan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memiliki sejuta kreativitas. Terbukti selain sebagai vlogger, ia adalah seorang wirausahawan muda dengan bisnis di sektor pakaian dan kuliner.  Menariknya, ia tak mengaitkan bisnis tersebut dengan nama ayahnya. Kaesang tetap sebagai sosok yang sederhana dan membumi.

Keluarga Jokowi memang dikenal sangat sederhana. Rupanya kesederhanaan itu ditularkan pria asal Solo ini pada anak-anaknya, Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, dan si bungsu Kaesang sejak dini. Walhasil, ketiga buah hati Jokowi itu kini tumbuh jadi sosok yang sangat jauh dari kesan sombong dan glamor.

Seperti sang kakak, Gibran, Kaesang kini mencoba untuk mandiri dan tak mau minta uang dari ayahnya. Selain jadi Youtuber, Kaesang juga membuka beberapa lini bisnis sendiri. Bahkan yang terbaru, ia sudah mulai main film loh! Yuk simak kronologi karier Kaesang berikut.

1. Berawal dari Blogger

Sebelum jadi terkenal seperti sekarang, Kaesang awalnya adalah seorang blogger. Gaya tulisannya yang sangat lucu dan penuh candaan receh sukses memikat segelintir pembaca. Nah dari sana, mulai banyak yang mengetahui jika Kaesang adalah putra dari presiden Jokowi.

Kaesang akhirnya mulai ramai jadi bahan perbincangan. Akun Twitter-nya, @kaesangp, dibanjiri followers. Meski identitasnya sebagai anak presiden terungkap, Kaesang tetap jadi dirinya sendiri, tetap menuliskan guyonan-guyonan recehnya yang menghibur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Melebarkan Sayap Jadi Youtuber

Kaesang mulai dikenal banyak orang ketika era Youtuber tengah naik. Anak ketiga Jokowi itu pun memutuskan untuk membuat channel pribadinya sendiri, tepatnya sejak 12 Mei 2013. Meski sudah cukup lama punya akun Youtube, Kaesang baru mulai mengunggah video sejak sekitar setahun silam.

Tak butuh lama baginya untuk bisa mencuri perhatian publik hingga para Youtuber lain. Videonya yang bertajuk "PILOK#3 Pulang Diejek Bapak" dan "PILOK#4 Adu Panco" sukses merajai trending list di Youtube. Bagaimana tidak, di saat Youtuber lain berkolaborasi dengan sesama Youtuber, atau mungkin artis, Kaesang langsung kolaburasi dengan seorang presiden.

Sejak saat itu, sederet nama Youtuber lain mulai mencoba mendapatkan hati Kaesang dan mengajaknya kolaborasi bareng, seperti Reza Oktovian dan Chandra Liow.

 

3 dari 5 halaman

3. Mulai Bikin Bisnis Sendiri

Perlu diketahui jika saat ini Kaesang masih menempuh pendidikan di Singapura. Tak jarang Ia menunjukkan penampakan kamar kos miliknya yang sederhana lewat beberapa vlog. Namun, adik dari Gibran ini harus rela mondar-mandir Singapura-Indonesia untuk mengurusi bisnis.

Ya, Kaesang sekarang sudah punya bisnis sendiri loh, yakni Sang Javas (clohting line) dan Sang Pisang (kuliner). Sementara itu, sang kakak, Gibran sudah lebih dulu punya bisnis kuliner sendiri, yakni Chilli Pari dan Markobar. Padahal seperti diketahui, Jokowi awalnya meminta agar mereka berdua meneruskan usaha mebelnya. Namun, mereka memilih untuk mandiri.

 

4 dari 5 halaman

4. Sempat Bikin Heboh Hingga Dilaporkan

Menyandang status sebagai anak presiden tentu membuat segala tingkah laku Kaesang jadi sorotan. Tak jarang pria berusia 23 tahun ini menciptakan kehebohan karena aksinya, seperti ketika ia menyebut beberapa pihak yang diduga sebagai para demonstran 212 dengan kata "ndeso".

Karena ucapannya itu, Kaesang sampai dilaporkan ke polisi oleh seseorang atas kasus ujaran kebencian. Namun kasus ini akhirnya reda dengan sendirinya. Pasalnya, sang pelapor sendiri ternyata diketahui sering menuliskan ujaran kebencian pada orang lain. Case closed.

 

5 dari 5 halaman

5. Main Film

Karena popularitasnya yang makin mentereng, Kaesang akhirnya dapat kesempatan untuk terjun ke dunia hiburan. Si bungsu ini turut main dalam film garapan Ernest Prakasa yang bertajuk CEK TOKO SEBELAH. Kaesang ikutan join meski sekadar jadi kameo yang muncul beberapa detik saja.

Tak menutup kemungkinan jika Kaesang nantinya bakal sering muncul di dunia perfilman. Untuk saat ini mungkin masih sulit, mengingat ia harus fokus pada pendidikannya.

Anyway, Kaesang adalah salah satu nominee di ajang XYZ Day Awards tahun ini. Sebagai sosok yang mampu menghadirkan konten-konten kreatif, doi masuk dalam kategori Creator of the Year bersama Ria Ricis, Chandra Liow dan Atta Halilintar. Vote di SINI jika kalian ingin Kaesang keluar sebagai pemenang dalam XYZ Day nanti.

Penulis: Guntur Merdekawan

Sumber: kapanlagi.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.