Sukses

5 Cara Nyentrik Hemat Duit biar Cepat Kaya, Berani Coba?

Kamu memang harus lulus satu syarat ini untuk menghemat biaya yaitu niat yang teguh.

Liputan6.com, Jakarta - Orang-orang kerap berhemat untuk rencana yang besar, misalnya membeli rumah, menikah, atau melahirkan. Memang terdengar mudah saat direncanakan. Namun, waktu dijalankan rasanya sulit banget.

Bukannya mengirit, yang ada uang di dompet bahkan tabungan sampai terkuras karena pengeluaran yang besar (atau malah semakin besar). Kamu memang harus lulus satu syarat ini untuk menghemat biaya yaitu niat yang teguh.

Biasanya orang berhemat dengan mengurangi jajan atau jalan kaki ke kantor. Masih kurang juga? Mungkin sekarang waktunya buat kamu menerapkan lima cara ngirit yang unik nan nyentrik.

Pertama, hindari memesan jus atau soda ketika makan di restoran.

Perencana keuangan bersertifikat di Journey to Launch, Jamila Souffrant, mengatakan harga minuman di restoran itu bisa berlipat-lipat harganya. Yang paling murah? Air putih. Jamila mengatakan, dengan memesan air putih, Anda bisa menghemat uang. Tentu saja minuman ini baik untuk kesehatan tubuh.

Kedua, berhenti berlangganan email dari onlineshop dan ritel.

Penulis buku keuangan personal, Stefanie O’Connell, mengatakan surat-surat promo dari onlineshop dan retail bisa menggoda “ iman” untuk berhemat. O’Conell menyarankan Anda untuk berhenti berlanggananan newsletter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ketiga, bawa selalu foto goal berhemat

Misalnya, kamu ingin pelesir ke suatu tempat. Lebih baik mencetak foto tempat tujuan wisata dan meletakkannya di dalam dompet. Ini akan mengingatkanmu untuk kembali ke niat berhemat. “ etiap kali berbelanja, saya selalu teringat: menabung untuk ke Eropa atau membeli taco sekarang?” kata dia.

Keempat, kalau punya rumah pribadi, lebih baik cat atap dengan warna putih.

Warna putih bisa membuat penggunaan energi menjadi efisien dan tagihan listrik bisa berkurang. Hasilnya, Anda bisa “menyelamatkan” uang dari tagihan listrik.

Kelima, simpan barang di kulkas

menggunakan kulkas untuk menyimpan barang yang bukan makanan, seperti lilin dan cat kuku. Penyimpanan barang-barang di kulkas bisa memperpanjang “ umur” barang.

Reporter: Arie Dwi Budiawati 

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.