Sukses

Konsultasi Properti: Biaya Apa Saja yang Perlu Disiapkan Saat Ambil KPR?

Ternyata dana yang harus disiapkan saat akan membeli rumah dengan KPR tidak hanya sebatas harga rumah saja tetapi masih ada beberapa biaya lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Hai liputan6.com

Saya ingin ambil KPR. Selain harga rumah atau uang muka, dana apa saja yang harus saya siapkan karena kata teman saya ada biaya notaris dan lain-lain.

Cerita dari teman saya, ternyata saat mengambil KPR di bank, selain harus menyiapkan uang muka ternyata ada biaya lainnya seperti AJB notaris dan sebagainyaNah, jika dihitung, biaya lain-lain itu bisa mencapai berapa persen dari harga rumah?

Oh iya, ada tambahan lagiUntuk KPR ini bunganya flat atau floating karena teman saya ambil KPR di tahun pertama cicilannya cuma Rp 2 juta tetapi pas tahun ketiga naik jadi RP 2,5 juta. Bagaimana perhitungan bunga sebenarnya?

Thanks

Dini

Pengirim: anggunxxxxx@gmail.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

JAWABAN

Hi Mbak Anggun,

Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut, kami punya tulisan yang patut disimak.

Berikut ya:

https://www.rumah.com/berita-properti/2016/1/114216/biaya-lain-yang-harus-diketahui-saat-membeli-rumah

Dalam tulisan ini merinci biaya apa saja yang ada dalam proses KPR. Intinya, jika Anda akan membeli rumah dengan KPR maka dana yang harus dipersiapkan tidak hanya seputar harga rumahnya saja.

Beberapa yang harus disiapkan adalah ang tanda jadi atau booking fee. Kemudian juga uang muka atau down payment. Selain itu masih ada juga Biaya notaris untuk mengikat kredit secara hukum.

 

Selain itu Mbak Anggun juga bisa menyimak di tulisan ini:

 https://www.rumah.com/panduan-dan-referensi/mengajukan-kpr/trik-agar-cicilan-kpr-ringan

Untuk tulisan ini akan membantu Mbak Anggun bisa mendapat dua cara yang dianggap cukup ampuh untuk menjaga cicilan KPR ringan. 

 

Sebagai tambahan bisa juga dalam tulisan ini:

https://www.rumah.com/panduan-dan-referensi/mengajukan-kpr/cara-menghitung-bunga-kpr

Dalam tulisan ini memberikan penjelasan jenis bunga KPR yang dipakai dalam dunia lembaga perbankan. Adalah suku bunga tetap (fixed) dan suku bunga mengambang (floating).

Sesuai namanya, kedua bunga KPR ini memiliki sistem perhitungan dan pengertian berbeda. Berikut kelebihan dan kekurangan dari bunga KPR tetap dan mengambang.

Semoga tulisan tersebut berguna sebagai panduan Mba Anggun membeli rumah dengan KPR.

 

Salam, 

Tim Rumah.com

Facebook: Rumah.com -- Instagram: @rumahcom -- Youtube: Rumah.com -- Linkedin: Rumah.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.