Sukses

Menteri Rini Minta 3 BUMN Bangun Transportasi Alternatif di Ciliwung

Jaga kebersihan, Menteri Rini akan membuat salah satu model perumahan yang nantinya dihadapkan langsung ke arah bantaran sungai Ciliwung.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Badan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berencana akan membuat moda transportasi alternatif di Sungai Ciliwung. Hal tersebut disampaikan usai menggelar operasi bersih-bersih di sepanjang Kali Ciliwung dari Rindam Jaya, Condet, sampai Kalibata, Jakarta Timur. Acara ini dalam rangka memperingati HUT Kementerian BUMN ke-60.

"Rupanya banyak masyarakat yang susah sekali transportasi di kota karena macet jadi saya bilang udah kita bikin percontohan nanti minta izin ke Kementerian Keuangan dan dari Kementerian PUPR kita bikin itu transportasi alternatif di sungai untuk Masyarakat itu," kata Rini usai menyisir Sungai Ciliwung, di Jakarta, Minggu, (8/4/2018).

Menteri Rini memandatkan kepada beberapa BUMN untuk melaksanakan. BUMN tersebut antara lain PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo), PT Bank Tabungan Negara (Persero) dan PT Wasakita Karya.

Mengenai kapan moda rtansportasi alternatif tersebut bisa terwujud, Rini memastikan sesegera mungkin. "Asal izinnya cepet ya bisa cepat," imbuhnya.

Selain berencana membuat moda transportasi alternaif sungai, Menteri Rini juga akan membuat salah satu model perumahan yang nantinya dihadapkan langsung ke arah bantaran Sungai Ciliwung. Hal tersebut sebagai upaya untuk menjaga kebersihan di pesisir bantaran Sungai Ciliwung.

"Nanti kita mau bekerja sama dengan Pemerintah Daerah kita cari RT yang mungkin di pinggir sungai kita akan memberikan percontohan rumah-rumah sederhana yang menghadap ke sungai sehingga mereka juga menjaga sungai itu bersih jadi bukan membuang sampah ke sungai," ujarnya.

Selama ini, kata dia, justru banyak masyarakat yang belum sadar dan peduli terhadap lingkungan. Artinya, masih banyak yang membuang sampahnya ke sungai. Dengan kedua rencana itu, lanjut dia maka diharapkan akan memberikan contoh bagi masyarakat lain.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sambut Baik

Direktur PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Asmawi Syam menyambut baik mandat yang diberikan oleh Menteri BUMN. Dia menyebut, kedua rencana itu nantinya akan meningkatkan potensi masyarakat sekitaran sungai Ciliwung.

"Kalau Ciliwung ini sebenarnya potensinya besar tidak hanya sebagai kali yang sekarang ini, tapi yang tadi pertama Bu menteri melihat kita bisa jadi sebagai alternatif transportasi. kita akan moda transportasi sungai. Ini manfaatnya kita bisa mengurangi tingkat kemacetan yang ada di darat, dan kedua, kalau ini dibangun sebagai kunjungan wisata itu indah sekali sangat indah sepanjang sungai ini sangat indah kalau dijadikan dan kita rencananya akan membangun rest area, nah ini programnya ingin kita mulai," jelasnya.

Reporter: Dwi Aditya Putra 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.