Sukses

Kekayaan 4 Orang Terkaya RI Setara Harta 100 Juta Warga Miskin

Kesenjangan ini juga disebabkan penguasaan aset yang sebagian besar masih dimiliki segelintir orang atau pengusaha.

Liputan6.com, Jakarta Ketimpangan ekonomi di Indonesia dinilai masih cukup tinggi. Hal tersebut karena Indonesia masih menganut sistem ekonomi liberal. Hal ini terlihat dari perbandingan kekayaan segelintir orang setara dengan harta jutaan warga miskin.

Ini diungkapkan Managing Director Political Economy and Policy Studies (PEPS), Anthony Budiawan. "Ekonomi Indonesia saat ini sangat liberal, yang terlihat bahwa empat orang terkaya Indonesia setara bahkan lebih dari 100 juta kekayaan penduduk miskin," ujar Anthony saat memberi paparan pada acara seminar ekonomi di era Jokowi di Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Kesenjangan ini juga disebabkan penguasaan aset yang sebagian besar masih dimiliki segelintir orang kaya atau pengusaha. Salah satunya, penguasaan lahan perkebunan dan pertambangan yang dikuasai segelintir pengusaha.

"Kepemilikan lahan perkebunan dan pertambangan dikuasai segelintir kelompok pengusaha dan dikuasai asing dan konglomerat CPO-nya. Jalan raya semuanya berbayar. Investor jalan tol juga ditawarkan ke investor," tegas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebijakan Pemerintah

Menurut Anthony, kebijakan yang ditetapkan pemerintah saat ini juga dinilai belum terlepas dari kepentingan politik.

"Kita lihat yang lebih mengkhawatirkan bahwa sejak reformasi kita sudah menuju komponen korporasi. Kebijakan-kebijakan politik ekonomi itu diwarnai kepentingan korporasi. Jadi tidak steril kepentingan masyarakat," dia menambahkan.

Anthony menambahkan, kebijakan lain seperti ekonomi pancasila dinilai belum memberi dampak banyak bagi ekonomi Indonesia. Hingga kini pelaksanaannya masih tergolong normatif dan belum ada implementasi nyata.

"Ekonomi Pancasila hanya sangat abstrak. Tidak ada wujud dan tidak bisa diimplementasikan. Maka harus dibuat penegasan apakah normatif atau positif. Saya ingin menggarisbawahi bahwa ekonomi kita masih jauh dari yang kita harapkan," dia menandaskan.

Tonton Video Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.