Anak Usaha Telkom Genggam 51 Persen Saham SSI

Oleh Agustina Melani pada 04 Apr 2018, 19:40 WIB
Telkom

Liputan6.com, Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) atau Telkom melalui anak usahanya PT Multimedia Nusantara (Telkom Metra) membeli saham PT Swadharma Sarana Informatika (SSI), perusahaan penunjang jasa keuangan di bidang jasa ATM.

Mengutip keterangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Telkom Metra membeli saham SSI dari pemegang saham eksisting dan mengambil bagian dalam penerbitan saham baru di SSI. Jadi kepemilikan Telkom Metra di SSI menjadi 51 persen.

Nilai transaksi pembelian saham Rp 397 miliar. Penandatanganan jual beli dan pengambilbagian saham baru tersebut dilakukan pada 2 April 2018.

VP Investor Relations PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Andi Setiawan menuturkan, pembelian saham SSI itu diharapkan dapat memperkuat ekosistem bisnis dan meningkatkan kompetensi di bidang ICT solution di sektor keuangan, perbankan dan asuransi. Ini juga sejalan dengan visi Telkom untuk menjadi digital telco company.

PT Swadharma Sarana Informatikan merupakan perusahaan yang bergerak sebagai penunjang jasa keuangan di bidang managed service ATM dan layanan terkait lainnya.

Telkom Metra merupakan anak perusahaan dari Telkom yang bergerak di bidang penyedia layanan informasi, media dan pendidikan dan hiburan.

 

2 of 2

Telkom Akuisisi PT Bosnet

Rayakan HUT RI, Telkom Tebar Layanan Gratis & Diskon
Berbagai pihak turut merayakan Hari Ulang Tahun (HHUT) ke-70 Republik Indonesia (RI), termasuk PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom).

Sebelumnya, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka mengakuisisi saham mayoritas PT Bosnet yang bergerak di bidang fast moving consumers good (FMCG) ICT Solution.

Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (20/11/2017), perseroan melalui anak usahanya Telkom Sigma telah menandatangani perjanjian jual beli saham dengan PT Bosnet pada 13 November 2017.

"Aksi korporasi ini diharapkan dapat memperkuat portofolio TIMES, khususnya penguatan ekosistem bisnis e-logistic dan e-commerce Telkom Group yang sejalan dengan visi Telkom be the king of digital in the region," ujar POH VP Investor Relations PT Telekomunikasi Indonesia Tbk Prakoso Imam Santoso.

Ia menambahkan, aksi korporasi itu juga memperkuat sinergi grup Telkom dalam bisnis logistik, ICT Solution, e-commerce, payment gateway, dan big data analytic.

Adapun Telkom Sigma menjadi pemegang saham mayoritas PT Bosnet dan memperkuat posisi Telkom Group dalam industri bisnis logistic ecosystem.

Seperti diketahui, PT Bosnet adalah perusahaan yang berdiri di bawah hukum Republik Indonesia yang bergerak di bidang FMCG ICT Solution. Sedangkan Telkom Sigma adalah anak perusahaan dari Telkom yang bergerak di bidang jasa teknologi informatika/ICT (information, communication and technology) service.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓