Sukses

Damri Buka Rute di Luar Jawa untuk Mudik Gratis

Damri akan bersinergi dengan 14 BUMN dalam rangka program mudik bersama 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Perum Damri dukung program mudik bersama 2018 yang diinisiasikan oleh Kementerian BUMN. Salah satu langkah dilakukan dengan perluas rute mudik.

Direktur Komersil dan Pengembangan Usaha Perum Damri, Tatan Rustandi mengatakan, penumpang Damri memperluas wilayah rute mudik keluar Jawa demi meningkatkan kenyamanan. Rute baru yang dibuka yakni di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Lombok.

"Sumatera ke Lampung, Medan dan Aceh. Kalimantan ke Samarinda dan Banjarmasin. Sulawesi itu ke Makassar," kata Tatan di Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Tatan menjelaskan, rute ini dipilih berdasarkan pola rute mudik yang telah dilakukan penumpang di tahun-tahun sebelumnya. Dalam pelaksanaannya, Damri menyiapkan 259 armada bus yang bisa mengangkut 11.036 penumpang. "Pemilihan rute ini didasarkan pada pola rute mudik sebelumnya," ungkap Tatan.

Dalam mudik bareng tahun 2018 ini Damri bersinergi dengan 14 BUMN yakni Taspen, Angkasa Pura II, Pupuk Indonesia, Pertamina, Jamkrindo, Adkeindo, Jasindo, Jiwasraya, Pegadaian, Inalum, Djakarta Lloyd, JIEP, Bank Mandiri dan BTN. Perum Damri memastikan keamanan dan kenyamanan penumpang sesuai arahan Kementerian BUMN.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tekan Angka Kecelakaan

Program mudik bareng berupaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas dan mengalihkan pemudik sepeda motor ke moda transportasi umum seperti bus, kereta api, dan kapal laut dan menjadi upaya dalam menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Di Jawa, rute mudik bareng akan dilakukan dari Jakarta menuju ke sejumlah kota antara lain Cirebon, Pati, Yogyakarta, Pekalongan, Solo, Semarang, Kediri, Klaten, Cilacap, Madiun, Malang, Surabaya, Purwokerto.

Cara mendaftar sebagai peserta mudik dapat dilakukan secara online melalui situs BUMN terkait. Pendaftaran dibuka mulai 17 April hingga 8 Mei 2018. Kick off program mudik Bareng akan dilaksanakan pada 9 Juni 2018 di Monas.

Untuk mendukung perjalanan yang berkeselamatan, setiap bus diawaki oleh tenaga pengemudi yang cukup berpengalaman dan bersertifikat. Bus mudik Damri juga dilengkapi dengan peralatan keselamatan antara lain CCTV, palu pemecah kaca, alat pemadam api ringan (APAR) beserta panduan tanggap darurat.

Fasilitas lain yang terdapat dalam bus antara lain AC, Reclyning Seat, toilet, Wifi gratis, LED TV, Karaoke, colokan penambah daya Hp hingga toilet.

Sebelum digunakan untuk angkutan mudik gratis, armada yang dipilih akan dilakukan inspeksi secara menyeluruh serta pemeriksaan kesehatan dan tes narkoba pada seluruh awak kendaraan. (Yas)

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.