Sukses

Punya Teman Baik di Kantor Ternyata Bisa Bantu Anda Sukses

Mempunyai teman baik di kantor tentu sangat menyenangkan. Selain membantu di kala sulit juga bisa mengisi hari-hari saat bekerja.

Liputan6.com, Jakarta - Mempunyai teman baik di kantor tentu sangat menyenangkan. Selain membantu di kala sulit juga bisa mengisi hari-hari saat bekerja di kantor yang terlampau berat dan membosankan.

Menurut survei Comparably menyebutkan 33 ribu orang di industri teknologi, setengahnya dilaporkan memiliki sahabat di kantor. Sementara itu, sekitar 60 persen pegawai perempuan memiliki teman dekat di kantor.

Demikian juga sekitar 56 persen pegawai pria. Dalam survei itu juga menunjukkan kalau eksekutif yang berkarya di sektor teknologi lebih banyak punya sahabat. Jumlah eksekutif yang punya teman baik di kantor mencapai 66 persen. Demikian dikutip dari laman CNBC, Rabu (4/4/2018).

CEO Comparably, Jason Nazar menilai keberadaan teman atau sahabat di kantor dapat mengurangi stres terutama yang bersumber tekanan dari bos, rekan kerja dan pekerjaan sehari-hari.

"Salah satu hal terpenting yang kalian harus miliki saat bekerja ialah sahabat. Karena yang sering terjadi ialah tekanan berasal dari bos, rekan kerja, atau tuntutan-tuntutan harian," tutur dia.

Ia menambahkan, sebagian karyawan yang disurvei memiliki teman di kantor merupakan pertanda baik. Hal itu mengingat memiliki seseorang dalam keadaan baik dan buruk merupakan hal yang berharga.

Perbedaan persentase pertemanan yang dimiliki antara pria dan wanita bergantung pada banyak hal. Antara lain seperti status di kantor, pengalaman di kantor, dan juga tak lupa umur seseorang tersebut.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Seseorang yang baru masuk bekerja paling mungkin memiliki teman terbaik di kantor. Jumlahnya bisa mencapai 53 persen. Sementara itu, 60 persen dari pekerja yang memiliki pengalaman satu hingga enam tahun kemungkinan besar hanya punya satu teman baik.

Untuk generasi Z dan Milenial, Comparably mendapati generasi tersebut yakni yang berumur 18 - 30 sebanyak 62 persen memiliki teman di kantor. Sedangkan bagi kelahiran 1950, ada sekitar 50 persen yang mempunyai teman di kantor.

Sementara itu, penasihat Annie Mckee menyatakan memiliki satu atau dua teman di kantor dapat menolong Anda ke depannya.

"Hubungan pertemanan dapat memperbaiki mood dan juga cara pandang. Pertemanan memberikan kekuatan emosional dan juga psikologis. Hal ini membantu kita untuk menghadapi banyak hal, seperti tantangan, krisis, ataupun kesempatan," ujar dia.

Temukan seseorang yang bisa Anda ajak bicara, yang dapat mengungkapkan kebenaran pada dirimu. "Baik itu kekuatan anda atau hal-hal yang perlu Anda perbaiki," tambah dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.