Sukses

Kementerian PUPR Rampung Bangun SPAM di Jakabaring Sport City

Kementerian PUPR telah menyelesaikan venue shooting range dan dayung di Jakabaring Sport City.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah selesai membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kompleks Jakabaring Sport City (JSC) di Palembang, Sumatera Selatan. SPAM tersebut guna memenuhi pasokan air di tempat yang nantinya akan digunakan sebagai salah satu tempat perhelatan Asian Games 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, pengembangan itu juga dimaksudkan untuk masa depan komplek olahraga tersebut, yang nantinya akan menjadi pusat kegiatan olahraga nasional.

"Untuk memenuhi pasokan air di Kompleks Jakabaring Sport City, kita telah menyelesaikan pengembangan SPAM dengan anggaran APBN tahun 2017 sebesar Rp 14,51 miliar," papar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (3/4/2018).

Adapun beberapa cabang olahraga yang akan dipertandingan di sana pada ajang Asian games ke-18 itu meliputi menembak, dayung, roller sport (skateboard), bowling, dan sepakbola.

Pengembangan SPAM sendiri dilakukan dengan membuat tampungan air atau reservoir berkapasitas 300 m3, yang dilengkapi dengan pompa distribusi dan instalasi pengolahan air dengan sistem ultra filtrasi (UF) siap minum berkapasitas 2x2,5 liter per detik.

Pendistribusian air dilakukan secara gravitasi dengan adanya menara tampungan air berkapasitas 30 m3 ke seluruh water fountain yang berjumlah 50 unit dan tersebar di area Kompleks Jakabaring Sport City. Sumber air baku berasal dari jaringan perpipaan PDAM Kota Palembang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Veneu Dayung

Sementara untuk venue olahraga di JSC, Kementerian PUPR telah menyelesaikan venue shooting range dan dayung. Setelah venue selesai, pekerjaan dilanjutkan dengan penataan kawasan, di mana hingga akhir Maret 2018 progres fisik telah mencapai 45,6 persen.

Pekerjaan penataan kawasan meliputi pembangunan jalan dan pelataran parkir, drainase, pagar keliling kawasan, pos jaga, serta pekerjaan lansekap yang ditargetkan selesai Juni 2018.

Kementerian PUPR juga mendapat tugas tambahan untuk merenovasi venue roller sport (skateboarding) di Kompleks JSC.

Saat ini, progres pekerjaan baru mencapai 1,06 persen, menyusul kontrak pengerjaan yang baru ditandatangani pada akhir Februari kemarin. Diperkirakan, venue ini dapat selesai pada Juli 2018 nanti.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.