Sukses

Harga Cabai Turun pada Awal April

Pada awal April, harga cabai relatif turun, tetapi harga bawang yang justru menanjak.

Liputan6.com, Jakarta - Harga pangan dan bahan dapur pada awal April ini di pasar tradisional terpantau bervariasi. Seperti harga cabai yang relatif turun, serta harga bawang yang justru menanjak.

Ari (30 tahun), salah seorang pedagang sayuran di Pasar Kebayoran Lama mengatakan, harga cabai-cabaian semisal cabai rawit merah dan cabai merah keriting terus turun.

"Cabai merah keriting dan cabai rawit merah sama-sama turun. Keduanya tadinya bisa Rp 60 ribuan atau Rp 50 ribuan per kg, sekarang jadi Rp 45 ribu per kg," ujar dia kepada Liputan6.com di Pasar Kebayoran Lama, Jakarta, Senin (2/4/2018).

Dia mengungkapkan, penurunan harga cabai sudah terjadi sejak sekitar 10 hari. Penyebabnya, ia mengatakan, pasokan dari pihak penyetor sedang banyak.

Begitu juga dengan cabai rawit hijau, yang kini secara harga ikut terpotong. Ari menuturkan, jika sebelumnya ia menjual cabai rawit hijau senilai Rp 45 ribu, sekarang turun jadi Rp 40 ribu.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Bawang Merah Naik

Beda cerita dengan bawang seperti bawang merah dan bawang putih, yang harganya semakin meninggi. Bawang merah di tempat dagangan Ari saja, sudah naik harganya sejak 10 hari lalu. Harga bawang merah naik dari Rp 24 ribu per kg jadi Rp 32 ribu per kg.

Sementara itu, bawang putih biasa kini dijual Rp 40 ribu per kg dari sebelumnya Rp 30 ribu per kg. Kenaikan harga yang lebih gila dialami bawang putih cutting, dari Rp 35 ribu per kg sekarang dijual seharga Rp 55 ribu.

Di sisi lain, harga produk pasar lain seperti tomat buah dan kentang terhitung stabil. Ari menyatakan, sayur-sayuran itu secara harga sampai saat ini masih belum berubah.

"Tomat dan kentang (secara harga) masih tetap. Tomat Rp 10 ribu, kalau kentang Rp 13 ribu," ujar dia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.