Sukses

5 Trik Bisa Irit Saat Liburan ke Tempat Mahal

Seringkali anggaran yang terbatas membuat Anda mengurungkan niat untuk menjajal berbagai tempat wisata baru.

Liputan6.com, Jakarta Agar tidak menguras habis isi dompet dan tabungan, setiap perjalanan liburan tentu membutuhkan rencana yang matang. Apalagi, jika tujuan wisata yang akan Anda kunjungi sudah terkenal mahal.

Terlebih jika Anda berlibur ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Kadang biaya berlibur menjadi sangat tinggi lantaran harga penginapan dan transportasi yang melambung.

Seringkali anggaran yang terbatas membuat Anda mengurungkan niat untuk menjajal berbagai tempat wisata baru. Tenang saja, berikut lima trik tetap irit saat liburan ke tempat mahal seperti dilansir dari Business Insider, Minggu (1/4/2018):

1. Cari akomodasi termurah

Akomodasi biasanya menguras paling banyak uang saat berlibur, terlebih lagi di daerah-daerah dengan biaya hidup tinggi. Tapi bukan tidak mungkin untuk dipangkas, atau jika beruntung Anda dapat memperoleh tumpangan gratis.

Anda dapat mencari penginapan yang menawarkan satu kamar besar yang dapat ditempati banyak orang. Dengan begitu, Anda dapat membagi pembayaran dengan turis lain.

Di beberapa daerah wisata tertentu, Anda juga dapat tinggal bersama penduduk setempat. Anda tetap terkena biaya, tapi akan jauh lebih murah dibandingkan tinggal di penginapan.

2. Jalan, bersepeda atau naik bus

Transportasi juga cenderung menghabiskan banyak uang saat Anda berwisata. Cara termudah untuk memangkas biaya transportasi adalah dengan berjalan semampu Anda.

Tak hanya gratis, Anda juga mendapatkan peluang mengenal lebih jauh tempat wisata yang akan dikunjungi.

Menyewa sepeda untuk jarak yang lebih jauh juga lebih menghemat uang dibandingkan naik transportasi umum. Tak hanya murah, Anda juga dapat memperoleh petualangan baru dengan bersepeda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

3. Cari kegiatan gratis

Sederhana saja, jangan keluarkan uang saat memang tak perlu dilakukan. Banyak tempat wisata menyediakan kegiatan atau atraksi reguler di mana Anda tak perlu membayar untuk menikmatinya. Carilah referensi kegiatan tersebut sebelum Anda pergi berlibur.

Anda juga dapat mengunjungi museum gratis, atau mengunjungi gedung tinggi yang tak dikenakan biaya.

4. Jangan bepergian di musim libur

Dengan anggaran terbatas, hindari bepergian ke tempat mahal saat musim libur tiba. Di hari biasa, Anda dapat menikmati harga hotel yang jauh lebih murah dan biaya makanan yang jauh dari kata mahal. Harganya bisa setengah lebih mudah dibandingkan saat musim libur tiba.

5. Cari potongan harga

Potongan harga dari hotel, maskapai atau kartu kredit merupakan salah satu senjata jika Anda bepergian ke tempat mahal. Penting untuk menghemat saat Anda bepergian ke tempat wisata yang jauh dari kampung halaman.

Anda juga dapat mencoba mencari makan di outlet-outlet yang menyediakan diskon. Dengan begitu, Anda tetap bisa irit meski liburan ke luar negeri sekalipun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini