Kemenhub Siapkan Mudik Gratis lewat Jalur Laut

Oleh Merdeka.com pada 31 Mar 2018, 22:07 WIB
Diperbarui 02 Apr 2018, 21:13 WIB
Menhub Budi Karya akan meninjau pelepasan mudik gratis sepeda Mmotor dengan kapal laut, Rabu (21/6/2017).

Liputan6.com, Sragan - Pemerintah mempersiapkan pelaksanaan angkutan Lebaran meski masa libur panjang Lebaran masih tiga bulan lebih. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan angkutan Lebaran berjalan lancar.

Pemerintah juga siapkan layanan mudik gratis pada 2018, dan tak hanya infrastruktur. Jika tahun sebelumnya ada program mudik gratis melalui jalur laut. Program mudik gratis jalur laut ini untuk antisipasi membludaknya pemudik yang menggunakan jalur darat.

"Tahun ini ada program mudik lewat laut. Kuota yang kita sediakan ada 30 ribu pemudik. Mudah-mudahan bisa memecah atau menjadi alternatif untuk para pemudik," ujar Menteri Perhubungan Budi Karyadi di sela-sela kunjungan kerjanya ke Kabupaten Sragen, Sabtu (31/3/2018).

Budi tak menampik, selama ini penyediaan angkutan mudik gratis hanya melalui jalur darat saja. Sedangkan jalur laut menjadi program mudik pertama yang dihadirkan oleh pemerintah. Dia berharap, masyarakat yang akan mudik melalui jalur laut bisa memanfaatkan program mudik gratis ini.

Selain mudik gratis, pihaknya menginginkan agar liburan sekolah diperpanjang saat mudik Lebaran mendatang. Dengan perpanjangan libur sekolah ini diharapkan siswa yang akan diajak mudik bisa berangkat lebih awal. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

"Kalau bisa untuk hari Senin dan Selasa nanti libur saja. Jadi para siswa ini bisa berangkat mudik mulai Jumat," ujar dia.

 

Reporter: Arie Sunaryo

Sumber: Merdeka.com

 

2 of 2

Kemenhub Sebar 30 Ribu Tiket Mudik Gratis

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Liputan6.com/Putu Merta)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. (Liputan6.com/Putu Merta)

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengajak para perantau yang tergabung dalam Paguyuban Perantau Nusantara (Papernusa) untuk memanfaatkan program Mudik Gratis. Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga meminta Papernusa mengajak masyarakat untuk ikut dalam program tersebut.

Dengan program ini, Budi Karya berharap angka kecelakaan akibat sepeda motor bisa berkurang. Mengingat, angka kecelakaan motor saat mudik Lebaran masih tinggi, padahal motor masih menjadi moda transportasi andalan masyarakat saat mudik.

"Tahun ini kita akan buat mudik bersama ada kereta api, ada bus, ada lagi kapal laut, dan jumlahnya sangat signifikan banyak. Saya mengajak Papernusa untuk mengkoordinasi," kata Budi dalam acara milad ke-1 Papernusa di Gedung BKKBN, Jakarta, Minggu 25 Maret 2018.

Dia menambahkan, untuk tahun ini, kuota semakin bertambah untuk mudik gratis dengan kapal laut. Yakni, kuota untuk sepeda motor yang diangkut sebanyak 15 ribu unit dan untuk penumpangnya sebanyak 30 ribu orang.

"Kita angkut lebih banyak, kita harus menyemangati diri agar lebih baik dari tahun lalu," Budi Karya menegaskan. 

Untuk menyukseskan program mudik gratis, Kemenhub akan berkoordinasi dengan Polri serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Rencananya, minggu depan Kemenhub akan mengadakan rapat lanjutan dengan Polri untuk pembagian tugas saat mudik Lebaran 2018.

"Untuk Kementerian PUPR koordinasi kita mengenai jaringan jalan yang disiapkan dari Jakarta sampai ke Surabaya. dan pelaksanaannya (mudik gratis) itu akan dikoordinasi oleh Polri," jelas Budi Karya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓