Sukses

Investor Tolak 148 Kali, Bos Perusahaan Rintisan Ini Mampu Sukses

Bagaimana jika seseorang sudah 148 kali gagal dapat dana dari investor tetapi tetap bangkit dalam berbisnis?

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa dari kita pasti pernah mengalami kegagalan mulai karier, pendidikan, menjalani usaha dan target-target lain dalam hidup.

Namun, bagaimana jika seseorang sudah 148 kali gagal dapat dana dari investor tetapi tetap bangkit dalam berbisnis? Dilansir dari Independent.co.uk, Sabtu (31/3/2018), salah satu pengusaha tekun dan pantang menyerah itu, pendiri perusahaan rintisan Kathryn Minshew. Perusahaan yang didirikannya bernama The Muse.

The Muse merupakan platform yang fokus pada bidang pencarian kerja dan juga konsultan karier. Dia dan rekan bisnis saat ini sudah meraih pendapatan hampir  USD 30 juta atau sekitar Rp 413,03 miliar (asumsi kurs Rp 13.767 per dolar Amerika Serikat).

Alami 148 kegagalan saat hadapi investor, Minshew membagi dua strategi yang ia pelajari dalam menghadapi investor:

1. Tentukan Waktu Rapat Pertama 

"Dulu saya meeting kapan pun jika investor ada waktu. Sekarang saya tidak melakukannya lagi. Saat ini saya selalu bilang; saya harus menyelesaikan urusan di rapat pertama saya pada tanggal ini (sebutkan tanggal). Izinkan saya tahu jika Anda bisa dan tidak bisa. Jika tidak bisa tidak apa-apa," tutur dia.

Ia menuturkan, faktanya beberapa dari investor ternyata menyesuaikan dengan waktu yang ditentukan. "Misal, beri rentang waktu beberapa hari mereka untuk menjawab. Jika ada yang bilang tidak bisa, biasanya sudah saya pastikan mereka tidak tertarik dengan perusahaan kita," tambah dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Beberkan Siapa Anda

2. Jangan Beberkan Siapa Anda

"Jika Anda memberitahu bahwa anda adalah seorang CEO, biasanya investor atau orang yang kita ajak meeting akan memberikan masukan yang positif karena mereka tidak ingin menyakitkan perasaan Anda," ujar dia.

"Namun jika Anda mengaku seorang konsultan atau semacamnya maka mereka akan berikan masukan yang lebih jujur," tambah dia.

Minshew mengungkapkan, hal tersebut penting untuk dilakukan sebagai upaya bagi perbaikan dan kemajuan perusahaannya The Muse.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.