Penumpang Padati Stasiun Pasar Senen di Libur Panjang Paskah Ini

Oleh Liputan6.com pada 30 Mar 2018, 15:12 WIB
Diperbarui 01 Apr 2018, 14:13 WIB
Penumpang memadati Stasiun Senen, Jakarta. (Dok Merdeka.com)

Liputan6.com, Jakarta Jelang liburan panjang pekan ini, Stasiun Pasar Senen terpantau padat. Tampak calon penumpang antre di loket tiket, sementara mereka yang sedang menunggu kereta memenuhi koridor-koridor Stasiun.

Seorang porter di stasiun Pasar Senen, Wiyono mengatakan, tingkat kepadatan penumpang sudah terasa sejak keberangkatan kereta pertama pagi tadi.

"Dari kereta pertama tadi sudah padat. Kalau mau liburan macam begini mah sudah biasa," ungkapnya di Stasiun Pasar Senen, Jumat (30/3/2018).

Penumpang yang tidak mendapatkan tempat tunggu di sekitar pintu masuk menuju peron, tampak memilih untuk berkumpul bersama teman maupun keluarga di sekitar tempat belanja, warung makan, dan franchise di kompleks stasiun.

"Sekarang sudah agak mendingan. Kalau beberapa tahun lalu, semuanya berdiri saja. Kasihan. Tidak ada tempat. Sekarang sudah lebih baik," jelas dia.

Dari ceritanya, diketahui bahwa langkah antisipasi yang dilakukan pihak pengelola stasiun yang termasuk DAOP I Jakarta ini adalah memberikan tambahan 3 kereta, 1 KA kelas eksekutif dan 2 KA kelas ekonomi.

"Memang tidak sebanyak waktu liburan Natal, Tahun Baru, dan Lebaran, bisa sampai sepuluh kereta," kata dia.

Dia pun mengatakan, meskipun jumlah penumpang meningkat jelang akhir pekan ini, dia dan teman-temannya tidak terlalu bekerja ekstra. Sebab, pada umumnya penumpang tidak membawa terlalu banyak barang.

"Paling cuma sama ransel saja. Jadi kita kerja seperti hari-hari biasa saja. Tidak terlalu berat," dia menandaskan.

Reporter: Wilfridus Setu Umbu

Sumber: Merdeka.com

2 dari 2 halaman

Pelabuhan Merak Padat, Penumpang Tidur di Pelataran Masjid

merak
Pelabuhan Merak dipadati penumpang yang akan menghabiskan libur panjang, Jumat (30/3/2018). (Liputan6.com/Yandhi Deslatama)

Masjid Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten, menjadi lokasi istirahat para penumpang yang lelah menempuh perjalanan jauh sebelum menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

"Tiduran dulu di sini, istirahat, sama istri, sama anak. Nanti terus nyeberang lagi," kata Dimas, penumpang asal Sukabumi dengan tujuan Lampung, saat ditemui di teras Masjid Pelabuhan Merak, Jumat (30/3/2018) dini hari.

Tak hanya masjid, selasar di sekitar Pelabuhan Merak pun dijadikan tempat istirahat para penumpang sebelum melanjutkan perjalanan ke Pulau Sumatera.

Ada yang bersandar di dinding, ada yang merebahkan badan di lantai dengan tas sebagai alas kepala. Ada juga yang duduk-duduk di sekitar pelabuhan, sembari mengantre untuk membeli tiket ke Pelabuhan Bakauheni.

"Santai dulu sambil lurusin kaki. Mau jalan-jalan aja ke Lampung sama temen-temen, kan lagi libur panjang," kata Petty, penumpang asal Jakarta yang akan berlibur ke Lampung.

Sedangkan di Banten sendiri, kawasan Anyer menjadi pusat keramaian dari libur panjang, karena diyakini akan banyak wisatawan berlibur ke pantai menghabiskan waktunya bersama keluarga.

"Setelah Jumat Agung, kita akan fokus pengamanan Anyer dan sekitarnya. Kita punya opsi, rencana kontigensi, jika diperlukan, akan kita lakukan rekayasa lalu lintas," kata Kapolres Cilegon AKBP Rizki Agung Prakoso di Pelabuhan Merak.

Berdasarkan pantauan di lokasi, seluruh loket penumpang pejalan kaki dipenuhi mereka yang akan menyeberang. Lokasi parkir pun dijadikan tempat istirahat oleh para penumpang sebelum membeli tiket.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Konser Satu Cara #MusicAgainstCorona | 9-10