Sukses

Harga Cabai dan Bawang Naik di Akhir Pekan

Kenaikan harga pada komoditas bawang merah terbilang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Harga sejumlah sayuran terpantau naik di pasar tradisional. Hal ini terjadi salah satunya di Pasar Mencos, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Kenaikan terjadi pada komoditas cabai dan juga bawang. Kenaikan harga bawang merah mencapai Rp 15 ribu per kilogram (kg). Sedangkan kenaikan harga bawang putih berada pada kisaran Rp 2.000 hingga 5.000 per kg.

Mutia (42), salah satu pedagang sayur di Pasar Mencos menyebutkan bahwa kenaikan harga pada komoditas bawang merah terbilang tinggi.

Pada pekan lalu, dia menjual bawang merah di angka Rp 20 ribu per kg. Pada pekan ini, dia menjual bawang merah seharga Rp 35 ribu per kg.

"Yang tinggi naiknya, bawang merah. Minggu lalu saya jual Rp 20 ribu per kg, sekarang sudah Rp 35 ribu per kg. Kalau bawang putih kating saya jual di kisaran Rp 62 ribu sampai Rp 65 ribu per kg. Minggu lalu cuma Rp 60 ribu per kg," ujarnya.

"Dari pasar berebesnya banjir, jadi naik. Kita kan ambil dari sana. Terus juga keterlambatan pengiriman, mungkin dari sananya juga ditahan ngirimnya," tambah dia.

Mutia lebih jauh menjelaskan kenaikan juga terjadi pada komoditas cabai. Kenaikan ini terjadi pada cabai rawit merah. Sedangkan cabai keriting besar terbilang stabil.

"Cabai rawit merah naik dari Rp 38 ribu per kg menjadi Rp 45 ribu per kg. Kalau cabai keriting besar stabil. Minggu ini Rp 43 ribu per kg," tuturnya.

Ia mengungkapkan penurunan terjadi pada beberapa komoditas sayuran saat ini. Seperti halnya wortel dan juga buncis.

"Buncis dan wortel stabil. Buncis Rp 8 ribu per kg, wortel Rp 9 ribu per kg. Sawi hijau dan sawi putih sama-sama naik. Kemarin Rp 6 ribu per kg, sekarang Rp 10 ribu per kg. Tomat naik dari Rp 5 ribu per kg menjadi 10 ribu per kg," ujarnya.

Hal ini dibenarkan oleh pedagang sayur lain di Pasar Mencos, Rosi (56). Ia menyebut beberapa harga sayuran terbilang turun. Namun ada juga beberapa yang naik.

"Buncis turun dari Rp 12 ribu menjadi Rp 10 ribu. Wortel stabil Rp 10 ribu per kg. Pare naik dari Rp 11 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg. Kol juga naik dari Rp 8 ribu menjadi Rp 10 ribu," tandas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rincian Harga

Berikut pantauan beberapa harga pangan di Pasar Mencos, Setiabudi:

Bawang

Harga bawang merah naik dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 35 ribu per kg. Bawang putih naik dari Rp 60 ribu per kg menjadi Rp 65 ribu per kg.

Cabai

Harga cabai rawit merah naik dari Rp 38 ribu menjadi Rp 45 ribu per kg. Harga cabai keriting merah besar stabil yakni Rp 43 ribu per kg.

Komoditas lain

Harga buncis Rp 8 ribu per kg dan wortel Rp 9 ribu per kg. Wortel dan buncis stabil. Pare naik dari Rp 11 ribu per kg menjadi Rp 12 ribu per kg. Kol juga naik dari Rp 8 ribu per kg menjadi Rp 10 ribu per kg. Tomat naik dari Rp 5 ribu per kg menjadi Rp 10 ribu per kg.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.