PNS Bakal Terima Uang Pensiun Lebih Besar dengan Skema Baru

Oleh Septian Deny pada 28 Mar 2018, 15:35 WIB
Diperbarui 30 Mar 2018, 15:13 WIB
Pensiunan PNS

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan mengubah skema pensiun pegawai negeri sipil (PNS) dari pay as you go menjadi fully funded. Selain menghemat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), skema baru ini dinilai akan membuat pensiunan PNS lebih sejahtera.

‎Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur menyatakan setidaknya dua keuntungan yang didapat dari skema fully funded ini. Bagi pemerintah, skema ini tidak terlalu membebani APBN seperti skema pay as you go.‎‎

"Pertama, ini tidak membebani APBN," ujar dia di Politeknik Statistika STIS, Jakarta, Rabu (28/3/2018).

Sedangkan bagi PNS, lanjut Asman, skema baru ini akan membuat uang pensiun yang diterima oleh para abdi negara lebih tinggi.

"Kedua, uang pensiun yang diterima lebih besar. Nah kemudian manfaat yang dikelola oleh badan, itu dikembalikan lagi kepada PNS," lanjut dia.

Akan tetapi, dia mengaku belum mengetahui secara persis berapa besar uang pensiun yang akan diterima oleh para PNS dengan skema fully funded ini. Yang pasti, PNS yang memasuki masa pensiun akan lebih sejahtera.

"Kita belum sampai ke hitungan angka, jadi masih dalam proses. Pada saatnya saya umumkan. Yang jelas lebih sejahtera dari pensiun yang sekarang. Harus lebih baik," kata dia.

 

2 of 2

Berlaku buat PNS Baru

Pensiunan PNS
Massa yang tergabung dalam Forum Perjuangan Pensiun Perjan Pegadaian (FP3PP) menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta, (25/10). Mereka menuntut pemerintah membayarkan pensiunan PNS Mantan PNS Perjan Pegadaian Depkeu. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Menurut Asman, skema baru ini akan mulai diterapkan pada para PNS baru. Adapun, PNS lama masih akan menggunakan skema pay as you go, tapi secara bertahap diharapkan skema baru ini bisa diterapkan kepada seluruh PNS.

‎"Nanti ada model dan sistem pensiun yang baru. Sehingga bagi pegawai baru, dia full memakai metode fully funded, tetapi yang lama ada cut off-nya. Jadi ada dua metode, metode yang lama sebelumnya, kemudian metode yang baru untuk seterusnya," tandas dia.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓