Sukses

Miliarder Dunia Kehilangan Duit Rp 6.228 Triliun dalam 2 Bulan

Miliarder yang hartanya harus hilang dalam jumlah paling banyak adalah Mark Zuckerberg.

Liputan6.com, New York - Dua bulan terakhir merupakan waktu yang tidak mengenakkan bagi 500 orang terkaya di dunia. Pasalnya, kumpulan taipan ini harus rela hartanya turun dalam jumlah fantastis yakni sebanyak USD 181 miliar atau setara Rp 2.585 triliun dalam satu minggu. Ini merupakan penurunan kekayaan terbesar selama dua tahun terakhir

Dilansir dari Fortune.com, Senin (26/3/2018), turunnya harta para miliarder itu juga disebabkan tergelincirnya indeks S&P 500 dan Dow Jones. Jika dihitung dalam dua bulan ke belakang, 500 orang terkaya dunia telah kehilangan USD 436 miliar.

Miliarder yang hartanya harus hilang dalam jumlah paling banyak adalah Mark Zuckerberg. Kekayaan pendiri Facebook ini merosot USD 10,3 miliar. Posisinya di daftar orang terkaya dunia pun anjlok tiga peringkat ke rangking tujuh.

Turunnya kekayaan Mark Zuckerberg ini merupakan imbas dari adanya skandal privasi data yang menimpa Facebook. Saham perusahaan yang identik dengan warna biru tua ini merosot 14 persen setelah adanya laporan penyelewengan data pengguna yang dilakukan oleh Cambridge Analytica.

Selain Mark Zuckerberg, Pendiri Oracle Larry Ellison juga turut kehilangan harta dalam jumlah besar. Harta dari miliarder ini dilaporkan merosot USD 7 miliar.

Bos Berkshire Hathaway Warren Buffett, bos Amazon Jeff Bezos dan Pendiri Alphabet Larry Page total kehilangan harta sebanyak USD 17 miliar. Menurut Bloomberg Billionaire Index, 500 orang terkaya dunia mengontrol kekayaan sebesar USD 5,2 triliun. Ranking 10 besar didominasi oleh taipan yang memiliki perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

Video Terkini