Sukses

Di Klaten, Menteri Rini Bareng Warga Perbaiki Saluran Irigasi

Kegiatan Padat Karya Tunai di Klaten ini setidaknya melibatkan 200 orang dalam satu lokasi dan dikerjakan dalam waktu dua hari.

 

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama sejumlah BUMN kembali melaksanakan kegiatan Padat Karya Tunai. Setelah beberapa hari lalu di Walini, Bandung, kali kini pelaksanaan program ini berlokasi di Klaten, Jawa Tengah.

Hadir dalam pelaksanaan program Padat Karya Tunai di Klaten ini adalah Menteri BUMN Rini Soemarno, pejabat eselon 1 Kementerian BUMN dan sejumlah direksi BUMN.

Padat karya tunai di Klaten ini setidaknya melibatkan 200 orang dalam satu lokasi dan dikerjakan dalam waktu dua hari.

Di Desa Gondang, kegiatan padat karya tunai ini seperti pengerasan jalan dengan menggunakan betonisasi dan renovasi SDN 1 Gondang.

Untuk di Desa Gunung Gajah, kegiatan yang dilakukan adalah pengerasan jalan dan renovasi masjid. Adapun di Desa Sajen kegiatannnya pemasangan lampu jalan sederhana dan perbaikan saluran irigasi.

"Adanya program padat karya tunai bisa membantu ekonomi masyarakat serta membangun infrastruktur yang perlu dapat perhatian," kata Menteri BUMN Rini Soemarno di Klaten, Sabtu (24/3/2018).

Kegiatan di Desa Gondang didukung oleh PTPN IX, PTPN X, dan BRI. Sementara di Desa Gunung Gajah diselenggarakan oleh Perum Perhutani. Adapun di Desa Sajen didukung oleh Bank Mandiri, PT PP, dan Jasa Raharja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aksi Menteri Rini Cat Tembok SD

Di lokasi, Menteri Rini tak canggung-canggung untuk turut bekerja bersama masyarakat sekitar. Seperti di SDN 1 Gondang, Rini bersama siswa-siswi SDN mengecat dinding kelas dan ikut terlibat dalam kegiatan warga memperbaiki saluran irigasi.

Program padat karya tunai ini sebenarnya merupakan arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dengan adanya program ini diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat dan juga memberikan pendapatan tambahan, khususnya di pedesaan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan, program ini dijalankan mengingat masih banyak masyarakat yang menganggur.

"Tahun ini Padat Karya Tunai, Padat Karya Cash. Untuk apa, kita melihat pengangguran masih banyak di desa maupun kota," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, program itu efektif dalam mendorong lapangan pekerjaan. Di sisi lain, infrastruktur di wilayah juga terbangun. Masyarakat yang terlibat dalam program padat karya tunai ini nantinya akan dibayar secara harian.

3 dari 3 halaman

Berikut Aksi Menteri Rini Kerja Bareng Warga Klaten

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.