Sukses

Atasi Rasa Bosan Bekerja dengan 6 Langkah Berikut Ini

berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk atasi rasa bosan dan malas karena pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Merasa bosan dan malas dalam bekerja tentu saja menjadi hal yang wajar dan rasanya hampir sebagian orang tentu merasakannya. Dalam bekerja, tentu saja tidak setiap hari Anda akan merasa bersemangat dalam menjalankan pekerjaan.

Ada hari di mana Anda merasa jenuh dengan pekerjaan yang itu-itu saja dan hal tersebut wajar terjadi. Jika Anda merasa bosan, jangan buru-buru mengambil tindakan untuk resign. Rasa bosan yang Anda alami saat bekerja bisa segera diatasi.

Dikutip dari Cermati.com, berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk atasi rasa bosan dan malas karena pekerjaan.

1. Manfaatkan Cuti untuk Piknik

Hal pertama yang mungkin bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa bosan adalah dengan mengambil cuti pekerjaan dan mencoba untuk piknik. Mungkin saja bosan yang Anda rasakan merupakan akibat dari kurangnya berlibur.

Dengan berlibur, mungkin bisa membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi rileks sejenak sehingga dapat bersemangat kembali saat bekerja. Tidak perlu lama-lama, Anda bisa mengambil cuti dua hari saja untuk melepaskan penat sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Anda bisa mencoba untuk merencanakan piknik ke tempat-tempat yang menyenangkan. Jika Anda merasa tidak punya cukup waktu untuk merencanakannya, saat ini sudah banyak aplikasi booking online yang bisa Anda manfaatkan. Dari kantor, penginapan dan transportasi untuk piknik bisa dipesan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Sediakan Waktu untuk Menyenangkan Diri

Jika tidak memiliki banyak waktu untuk berlibur, Anda bisa mengatasinya dengan cara lainnya semisal meluangkan waktu untuk diri sendiri. Untuk yang wanita, mungkin Anda bisa memanfaatkan waktu untuk merawat diri semisal ke spa dan salon.

Hal seperti ini sangat efektif untuk membuat pikiran dan tubuh menjadi rileks sejenak. Untuk pria, Anda bisa mencoba melakukan hobi-hobi yang disenangi dan tentu saja membuat pikiran menjadi segar kembali.

3. Ambil Proyek Lain

Hal lainnya yang mungkin saja bisa Anda lakukan saat merasa bosan dengan pekerjaan yang Anda lakukan adalah dengan mengerjakan proyek lainnya. Anda bisa menawarkan diri untuk ikut andil ke dalam proyek lainnya yang mungkin bisa Anda bantu.

Tentunya dalam sebuah proyek, ada banyak ide segar yang dibutuhkan. Bisa jadi ide Anda nantinya bisa berguna atau malah membuat Anda menambah ilmu baru.

3 dari 4 halaman

4. Mengganti Suasana di Ruang Kerja

Hal lainnya yang bisa Anda coba lakukan adalah mengganti suasana di ruang kerja. Rasa jenuh dalam pekerjaan mungkin saja bisa terjadi karena kondisi ruangan pekerjaan yang membosankan dan sama terus-menerus.

Anda bisa mencoba mengubah kondisi tempat pekerjaan Anda. Atau paling tidak Anda bisa mencoba mengubah posisi barang-barang sehingga rasa bosan pada pekerjaan bisa teratasi dan Anda bisa siap untuk bekerja maksimal kembali.

5. Lakukan Hal-Hal yang Menyenangkan untuk Diri Sendiri

Sering merasa suntuk dan bosan dengan pekerjaan yang dilakukan sehari-harinya? Anda bisa menggunakan waktu senggang selama beberapa saat saja untuk melakukan sesuatu yang sekiranya Anda sukai. Misalnya, berbelanja di minimarket, berbincang dengan orang lainnya di luar kantor, dan lainnya.

Coba untuk keluar dari tempat pekerjaan Anda selama beberapa menit saja. Hirup udara segar di sekitarnya dan cobalah untuk berinteraksi dengan orang lainnya agar bisa mengurangi rasa bosan yang mungkin Anda rasakan.

(Baca Juga: Ini Peluang Bisnis yang Menjanjikan di Tahun Sio Anjing Tanah)

4 dari 4 halaman

6. Cari Suasana yang Baru

Yang dimaksudkan dengan suasana baru adalah tempat pekerjaan lainnya yang dapat Anda jadikan alternatif. Mungkin saja Anda sedang merasa jenuh karena lingkungan dan pekerjaan yang sedang Anda jalani.

Anda bisa mencari alternatif lainnya seperti pekerjaan part time. Selain menghilangkan rasa bosan, tentu saja hal ini akan membuat Anda menambah teman juga, bukan?

Cari Motivasi yang Bisa Membangkitkan Semangat Kembali

Merasa bosan dan malas dalam pekerjaan adalah hal yang wajar-wajar saja dialami pekerja, terutama pekerja kantoran. Namun, bukan berarti hal tersebut dibiarkan saja dan memperburuk kualitas kerja Anda. Cari kembali motivasi yang bisa membangkitkan kembali semangat sehingga Anda bisa kembali bersemangat dalam menjalani pekerjaan dan lingkungan kantor.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.