Sukses

Donald Trump Naikkan Tarif Impor Produk China, Ini Untung Rugi buat RI

Kebijakan kenaikan tarif impor produk China ke AS akan berlaku efektif 60 hari sejak penandatanganan oleh Donald Trump

Liputan6.com, Jakarta Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menandatangani memorandum yang menyatakan, AS akan memberlakukan tarif impor sekitar USD 50 miliar terhadap produk yang berasal China. 
 
Memorandum tersebut akan berlaku efektif 60 hari sejak penandatanganan, yaitu setelah daftar produk asal China dipublikasikan. 
 
Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, kebijakan perang dagang ini akan memberi dampak positif dan juga negatif bagi Indonesia. Dampak positifnya, konsumen Indonesia memperoleh pilihan harga barang yang lebih murah jika China membidik Indonesia untuk memperdagangkan produknya. 
 
"Kenapa jadi pusing? Biar saja dia perang dagang. Itu adalah kelanjutan kebijakan yang lalu ya. Jadi kita imbasnya enggak selalu negatif. Bisa saja ada positifnya. Di satu pihak, ya dilihat dari kepentingan pemakai atau konsumen mungkin dapat barang lebih murah," ujar Darmin di Kantornya, Jakarta, Jumat (23/3).
 
Sementara itu dampak negatif akibat perang dagang tersebut, pengusaha Indonesia akan mendapat banyak saingan jika barang dari China masuk ke dalam negeri. Tentu saja hal ini akan menyusahkan dunia industri. 
 
"Dari kepentingan produsen dapat saingan yang menyusahkan. Maksudnya, pengusaha yang menghasilkan jenis barang yang sama mendapat saingan yang lebih ketat," jelasnya. 
 
"Tapi pada dasarnya jangan buru buru melihat ke kita dulu mereka (Amerika Serikat dan China) saja dulu coba perhatikan bagaimana dampaknya. (Ke Indonesia) pasti ada imbasnya," tambahnya. 
 
Mantan Direktur Jenderal Pajak tersebut menambahkan, terkait kemungkinan Indonesia menggantikan kebutuhan barang ke AS maupun China, masih sulit dilakukan. Sebab, barang yang dibutuhkan keduanya berbeda dengan barang hasil produksi Indonesia. 
 
"Enggak sama biasanya barangnya. Kalau sama, dari dulu kita yang berhadapan dengan AS," tandasnya. 
 
Reporter: Anggun P Situmorang
Sumber: Merdeka.com

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Trump Beri Sanksi ke China Guncang Pasar Keuangan

Kegaduhan perang dagang mengguncang pasar saham dan mata uang menjelang akhir pekan ini. Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengumumkan tarif buat barang impor China direspons negatif pelaku pasar.

Donald Trump menandatangani memorandum pada Kamis waktu setempat. Memorandum tersebut mengenai pengenaan tarif impor hingga USD 60 miliar dari China. Akan tetapi, langkah tersebut memiliki periode konsultasi ke publik 30 hari.

Aksi Trump itu memicu kekhawatiran investor. Tindakan Trump dapat meningkatkan potensi perang dagang dengan konsekuensi yang berpotensi terhadap ekonomi global. Langkah Trump tersebut pun dibalas China. Pemerintahan China mendesak AS untuk menarik langkah tersebut.

“China tidak berharap untuk terlibat dalam perang dagang tetapi tidak takut terlibat dalam perang,” tulis Kementerian Perdagangan China, seperti dikutip dari laman Reuters, Jumat (23/3/2018).

China bahkan mengumumkan bakal memberlakukan tarif impor hingga USD 3 miliar untuk barang AS. Ini sebagai balasan terhadap tarif atas produk baja dan aluminium China.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.