Sukses

Ini Dia Solusi Jitu Atasi Permasalahan Bisnis Logistik

Bisnis logistik Indonesia masih sering menghadapi banyak kendala. Apa yang harus dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta Pada era digitalisasi seperti sekarang ini, sebagian besar masyarakat terbiasa berbelanja secara online di e-commerce. Data dari Social Research & Monitoring soclab.com menunjukkan bahwa 77 persen dari 93,4 juta pengguna internet di Indonesia terbukti mencari informasi produk dan berbelanja secara online.

Fenomena tersebut pun memberi peluang besar bagi para pengusaha logistik sebagai pengantar barang ke klien. Namun, ternyata bisnis logistik di Indonesia masih menghadapi berbagai kendala yang menyebabkan performa kurang maksimal. Akibatnya, klien mendapat layanan yang kurang memuaskan.

Tantangan utama yang dihadapi bisnis logistik tak lain dan tak bukan ialah biaya transportasi. Dalam menjalankan jasanya, tentu pengusaha membutuhkan modal untuk pembelian kendaraan, bensin, dan perawatan kendaraan. Keuntungan yang diperoleh pun kurang mampu menutupi modal yang begitu besar.

Lebih lanjut, sistem pengiriman barang di lapangan juga sering kali belum efektif dan efisien. Hal ini pun berdampak pada tingginya biaya bahan bakar dan perawatan kendaraan.

Masalah efektivitas dan efisiensi tersebut juga kerap menyebabkan barang tidak sampai tepat waktu. Pelanggan pun akan merasa dirugikan. Kalau pelanggan sudah merasa kurang puas dan kapok, ujung-ujungnya profit yang diperoleh pengusaha logisitik pun kecil.

Karena itu, pengusaha logistik pun sebaiknya dapat selalu meningkatkan efektivitas dan efisiensi sistem pelayanannya. Setidaknya ada lima solusi yang dapat dilakukan perusahaan.

1. Pengelolaan manajemen armada yang baik

Penting bagi perusahaan memastikan armada dapat digunakan secara maksimal dan efisien. Perusahaan juga perlu mengatur jadwal perjalanan yang tepat agar sesuai dengan ekspektasi pelanggan dan keberadaan kendaraan.

2. Armada dapat melakukan banyak tugas dalam satu perjalanan

Supaya tak rugi, perusahaan harus menghindari kekosongan muatan dalam satu perjalanan. Untuk menyiasatinya, perusahaan perlu memaksimalkan keberadaan armada untuk dapat melakukan perjalanan ke berbagai tujuan dengan pemilihan rute dan penjadwalan yang tepat.

3. Memastikan kesehatan armada

Armada sebagai aset inti perlu dirawat agar tetap prima. Perusahaan logistik sebaiknya memiliki jadwal perawatan armada yang teratur dan melakukan identifikasi kerusakan dini agar dapat terhindar dari hal-hal merugikan.

4. Informasi distribusi yang transparan bagi pelanggan

Guna memberikan kenyamanan bagi pelanggan, perusahaan perlu memberikan fasilitas yang memungkinkan pelanggan dapat mengetahui status keberadaan barangnya. Dengan begitu, pelanggan merasa lebih nyaman dan aman.

5. Memanfaatkan IT teknologi di era Digital

Era digital membawa perubahan besar dalam berbagai lini, diantaranya kehidupan sosial masyarakat, gaya hidup, dan sistem perdagangan. Karena itu, penting bagi perusahaan untuk memanfaatkan teknologi IT guna menjangkau kebutuhan para pelanggannya.

Selain itu, perusahaan juga dapat melakukan otomatisasi sistem kerja, sehingga dapat membantu manajemen mengambil keputusan dalam hal optimalisasi dan efisiensi.

Untuk dapat melakukan hal tersebut, perusahaan perlu memiliki sebuah sistem/platform digital yang khusus mengimplementasi kebutuhan manajemen armada. Pengusaha logistik dapat menjalin kerja sama dengan perusahaan sistem integrator atau perusahaan digital, salah satunya layanan NEXTfleet.

NEXTFleet merupakan sebuah layanan manajemen armada berbasis Internet of Things (IoT) dari perusahaan digital Indosat Ooredoo Business. Sistem ini merupakan solusi jitu bagi perusahaan logistik untuk mengoptimalkan fungsi armada, mulai dari perencanaan, penjadwalan, penugasan, hingga pemantauan armada secara akurat dan real time.

Fiturnya pun beragam serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan. Perusahaan akan memiliki sebuah aplikasi digital, baik untuk kebutuhan manajer armada, supir, maupun aplikasi bagi pelanggan dalam memonitor posisi barangnya.

Nah, kalau Anda memiliki bisnis logistik dan tertarik mempelajari NEXTfleet secara lebih lanjut, silakan kunjungi laman ini. Atau, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan ke telepon 081512018888 dan info.business@indosatooredoo.com.

 

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini