Kiat Jitu Gadai BPKB Motor dan Mobil secara Online dengan Harga Tinggi

Oleh Fitriana Monica Sari pada 22 Mar 2018, 08:20 WIB
Diperbarui 22 Mar 2018, 08:20 WIB
BPKB Mobil
Perbesar
BPKB Mobil (Foto: Wikimedia).

Liputan6.com, Jakarta - Pinjaman dengan gadai BPKB bisa Anda lakukan jika sedang kepepet keuangan atau membutuhkan sejumlah dana dalam waktu cepat. Namun, Anda tetap harus hati-hati dengan biaya dan bunga dari pemberi pinjaman. Jangan lupa untuk selalu bandingkan dengan penyedia pinjaman lainnya.

Kini, Anda tak perlu lagi bingung jika mau gadai BPKB. Ada berbagai cara mudah yang praktis dan cepat. Salah satu cara cepat ialah memakai jasa gadai BPKB di lembaga pegadaian maupun lembaga pembiayaan.

Anda tidak perlu khawatir meminjam uang dengan gadai BPKB motor atau mobil di lembaga gadai resmi ini karena sistem yang diterapkan memiliki standar keamanan yang baik guna menjaga jaminan harta benda yang dititipkan.

Proses pinjaman dengan gadai BPKB cukup cepat, yaitu hanya butuh waktu 15 menit. Khusus produk gadai BPKB motor, pegadaian umumnya menawarkan empat jenis model pinjaman dengan syarat yang mudah dan proses pencairan dana yang cepat.

Sebelum Anda gadai BPKB motor, sebaiknya Anda mengetahui cara agar nilai motor atau mobilmu bernilai tinggi sehingga dana yang kamu dapatkan cukup besar.

Berikut ini kiatnya, seperti dihimpun oleh HaloMoney.co.id dari berbagai sumber.

1. Siapkan semua dokumen lengkap

Seperti ketika kita menggadaikan surat-surat penting atau barang di tempat lain, Lembaga pegadaian juga membutuhkan kelengkapan dokumen yang wajib kita penuhi, di antaranya:

- Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau tanda pengenal lain yang masih berlaku;

- Kartu Keluarga (KK);

- Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli;

- Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK) asli;

- Motor atau Mobil (yang akan digadaikan) untuk dicek.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


2. Memilih jenis jasa gadai yang tepat

banner kenaikan tarif STNK-BPKB
Perbesar
Kenaikan Tarif STNK (Liputan6.com/Abdillah)

Memilih jasa gadai yang tepat merupakan kunci utama agar gadai BPKB motor kita dihargai tinggi. Untuk kebutuhan umum, direkomendasikan memilih Jasa Gadai Konvensional maupun Jasa Gadai Syariah.

Keuntungannya, bisa kita dapat dari suku bunga yang rendah dan dari nominal uang lebih besar yang kita dapatkan dari surat kendaraan kita. Keunggulan inilah yang dimanfaatkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dana mendadak.

Besaran bunga atas jasa gadai BPKB motor umumnya dibagi menjadi empat golongan dan disesuaikan dengan nominal pinjaman.

Baca Juga: Pinjaman Tunai Tanpa Jaminan Makin Banyak, Hati-Hati Terjerat Rentenir Online

- Golongan A

Merupakan bagian terendah dari gadai konvensional, dengan besaran dana pinjaman mulai dari Rp 50 ribu-Rp 500 ribu. Bunga yang harus kita bayarkan sebesar 0,75 persen untuk masa pinjaman 15 hari.

- Golongan B

Merupakan pinjaman dana jaminan BPKB dengan nominal besar, yaitu Rp 550 ribu-Rp 5 juta. Bunga yang harus kita bayarkan sebesar 1,15 persen untuk masa pinjaman 15 hari.

 


Selanjutnya

Lacak Status BPKB dan STNK, Konsumen Honda Bisa Cek via Online
Perbesar
Tak perlu lagi gundah kapan STNK dan BPKB datang, dengan smartphone di tangan Anda bisa langsung cek sendiri.

- Golongan C

Merupakan jenis gadai BPKB motor yang paling tepat bagi kita yang ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB dalam jumlah besar, yaitu mulai Rp 5 juta-Rp 20 juta. Bunga yang harus kita bayarkan sebesar 1,5 persen untuk masa pinjaman 15 hari.

- Golongan D

Untuk golongan D, misalnya kita mengajukan pinjaman dana Rp 30 juta ke atas, maka kita akan mendapatkan pencairan dana lebih dari Rp 20 juta. Bunga yang harus kita bayarkan cukup rendah yaitu hanya 1 persen untuk masa pinjaman 15 hari.

Selain itu, untuk mendapatkan kesempatan gadai BPKB motor dengan nilai tinggi, sebaiknya kendaraan dalam kondisi prima dan tidak sedang mengalami kerusakan. Kondisi fisik dan performa kendaraan sangat berpengaruh pada jumlah dana yang dipinjamkan.


Pilihan gadai BPKB motor dan mobil

20170105-Sebelum gadai sertifikat rumah
Perbesar
Dibanding jenis investasi lainnya, properti memang dinilai bank sebagai jaminan yang paling berharga. Itu sebab pengajuan pinjaman dengan jaminan properti besar peluangnya untuk disetujui.

Ada berbagai pilihan produk BPKB motor yang bisa Anda pilih. Hal ini berdasarkan pertimbanganmu juga tentunya. Biar tak bingung, Anda bisa konsultasi dengan pihak pegadaian terlebih dahulu.

1. Pinjaman Gadai BPKB di HaloMoney.co.id

Salah satu pilihan gadai BPKB ialah di situs perbandingan dan pengajuan pinjaman HaloMoney.co.id. Sejak Januari 2018, HaloMoney.co.id bekerja sama dengan lembaga pembiayaan untuk menyalurkan pinjaman dengan jaminan BPKB.

Anda juga bisa membandingkan dan mengajukan pinjaman gadai BPKB motor atau mobil dari sejumlah lembaga penyedia seperti Bank BCA, Bank BRI, BFI Finance, hingga Smart Finance.

Fitur perbandingan di HaloMoney.co.id membuat Anda menghemat waktu dan uang. Anda bisa lebih yakin dengan pilihanmu karena telah membandingkan dengan lembaga keuangan lainnya. Selama proses pengajuan, Anda akan dihubungi oleh tim HaloMoney.co.id untuk melengkapi data yang diperlukan.


2. Gadai KCA (Kredit Cepat Aman) PT Pegadaian

PT Pegadaian (Persero).
Perbesar
PT Pegadaian (Persero).

Cara berikutnya, yakni gadai BPKB motor di pegadaian dengan layanan gadai KCA di PT Pegadaian. Kredit Cepat Aman atau KCA memiliki sistem gadai konvensional yang bisa diikuti oleh semua orang untuk kebutuhan konsumtif maupun kebutuhan produktif. Cukup dengan menyekolahkan BPKP motor atau mobil, pinjamanmu akan diproses dalam waktu 15 menit.

KCA ini diklaim sebagai solusi terpercaya untuk mendapatkan pinjaman secara mudah, cepat, dan aman. Selain BPKB motor untuk agunan KCA, Anda juga bisa menggunakan agunan lainnya seperti perhiasan, emas batangan, mobil, sepeda motor, ponsel, atau barang elektronik lainnya.

Bentuk pinjaman:

- Anda bisa mendapatkan pinjaman mulai dari Rp 50 ribu–Rp 500 ribu, atau lebih.

- Pinjaman dalam bentuk tunai dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari dan dapat diperpanjang dengan cara membayar sewa modal saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.

- Praktis, tanpa perlu buka rekening dengan perhitungan sewa modal selama masa pinjaman.

- Nasabah menerima pinjaman dalam bentuk tunai. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu. Menarik, kan?

Syaratnya:

Menyerahkan fotocopy KTP, KK, atau identitas resmi lainnya (contohnya: surat nikah). Lalu juga menyerahkan dokumen sah kepemilikan kendaraan bermotor seperti BPKB asli, fotocopy STNK, dan membawa STNK. Kemudian, nasabah menandatangani surat bukti kredit (SBK).


3. Gadai syariah (RAHN) di PT Pegadaian

Jelang Lebaran, Transaksi Gadai Meningkat 15 Persen
Perbesar
Warga saat bertransaksi di pegadaian di Jakarta, Kamis (15/6). Transaksi gadai pun diperkirakan meningkat hingga 15 persen. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Mau gadai BPKB motor dengan syariah sesuai ajaran agama? Coba saja, gadai syariah. Gadai berprinsip syariah (RAHN) ini bisa menjadi pilihan atas kebutuhan dana Anda. Prosesnya cepat dan berprinsip syariah.

Hanya dengan menggunakan agunan BPKB motor atau mobil, Anda bisa mendapatkan dana pinjaman dalam waktu 15 menit. Tidak perlu ragu atau khawatir, barang jaminan dan nasabah diasuransikan. Selain BPKB kendaraan bermotor, Anda juga bisa menggunakan jaminan lainnya seperti perhiasan atau barang elektronik.

Bentuk pinjaman:

- Anda bisa mendapatkan (Marhun Bih) mulai dari Rp 50 ribu-Rp 200 ribu, atau lebih.

- Pinjaman dalam bentuk tunai dengan jangka waktu pinjaman maksimal 4 bulan atau 120 hari, dapat diperpanjang dengan cara membayar ijaroh saja atau mengangsur sebagian uang pinjaman.

- Praktis, tanpa perlu buka rekening dan pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu dengan perhitungan ijaroh selama masa pinjaman.

- Nasabah menerima pinjaman dalam bentuk tunai dan barang jaminan tersimpan secara aman.

Baca Juga: Butuh Pinjaman Online Mudah? inilah Pinjaman Tanpa Syarat Ribet

Syaratnya:

Menyerahkan fotocopy KTP, KK, atau identitas resmi lainnya (contohnya: surat nikah). Lalu juga menyerahkan dokumen sah kepemilikan kendaraan bermotor seperti BPKB Asli, fotocopy STNK, dan membawa STNK.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya