Sukses

Koin Tua Ini Dilelang Online Rp 57,2 Juta, Apa Istimewanya?

Meski terlihat tua koin tersebut ternyata memiliki desain dengan edisi terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah koin tua asal Inggris bernilai 50 pence dijual situs jual beli online Ebay dengan harga yang mencengangkan. Koin tersebut dilego dengan harga 3.000 pound sterling atau setara Rp 57,2 juta.

Lalu apa yang membuat koin tua itu begitu spesial?

Dilansir dari express.co.uk, Selasa (20/3/2018), meski terlihat tua koin tersebut ternyata memiliki desain dengan edisi terbatas. Koin yang dikeluarkan pada tahun 2005 tersebut dirilis untuk mengenang dirilisnya kamus bahasa inggris modern pertama, Samuel Johnson’s Dictionary.

Jika ditelisik lebih detail, desain huruf yang digunakan pada koin tersebut disamakan dengan tipografi yang dipakai dalam kamus. Samuel Johnson’s Dictionary pertama kali dirilis sebagai kamus modern pada tahun 1755.

 

"Kamus tersebut sangat kolosal karena saat dirilis memiliki tebal 46 cm. Kamus buatan Samuel Johnson menjadi rujukan utama sampai akhirnya Oxford English Dictionary terbit 150 tahun kemudian," tulis keterangan dalam situs e-Bay.

Selain merupakan koin langka, penjual yang menaruh iklan juga mendapat apresiasi positif dari orang-orang yang melihat penawaran di situs tersebut. Beberapa diantaranya bahkan menilai barang tersebut sebagai "koin tua yang sangat langka".

Ini bukanlah koin tua pertama yang dijual dalam situs e-bay. Sebelumnya ada salah satu pengguna yang juga menjual koin langka pecahan 2 pence. Koin tersebut dihargai hingga 5.000 pound sterling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini