Sukses

Lakukan Hal Ini Jika Ingin Karier Melesat

Jika Anda belum memiliki kualifikasi yang diperlukan, Anda dapat menginvestasikan waktu dan mungkin sedikit uang untuk ikut beberapa pelatihan kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang ingin meniti karier baru yang lebih terlihat menarik dan menggiurkan namun sebenarnya tidak tahu bagaimana cara menuju ke tempat yang mereka inginkan. Akibatnya, banyak yang akhirnya terjebak dalam kebiasaan dan melakukan pekerjaan buntu yang bahkan tidak bisa dinikmatinya selama bertahun-tahun.

Ada berbagai faktor yang perlu Anda pertimbangkan saat memikirkan pilihan karier baru. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa karier akan sangat sulit dilakukan jika bukan karena sejarah dan latar belakang Anda. 

Mengutip laman Central Jersey, Senin (26/3/2018), pekerjaan tertentu memang kadang memerlukan latar belakang dan riwayat hidup, jadi jika Anda memiliki riwayat kriminal bisa jadi Anda sulit menempati beberapa opsi karier atau bahkan tidak ada.

Oleh karena itu perlu dipastikan bahwa Anda sudah melakukan penelitian terlebih dahulu untuk menentukan jenis karier yang dapat Anda masuki daripada hanya berfokus pada hal-hal yang ingin Anda hadapi. 

Kiat berharga untuk membantu Anda Entah Anda ingin masuk ke industri, sektor kerja baru atau apakah Anda ingin mencari pekerjaan baru karena alasan keuangan, ada berbagai langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda dalam perjalanan karier.

Hal pertama yang perlu dicermati adalah kualifikasi macam apa yang sebenarnya dibutuhkan untuk pilihan karier Anda. Jika Anda belum memiliki kualifikasi yang diperlukan, Anda dapat menginvestasikan waktu dan mungkin sedikit uang untuk ikut beberapa pelatihan kerja.

Sebenarnya ada pilihan, seperti Anda bisa melakukan pelatihan  secara online melalui pembelajaran jarak jauh, yang sangat ideal jika Anda sudah memiliki pekerjaan dan karenanya jadi tidak bisa belajar full time di siang hari. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cari Pengalaman

Setelah Anda mendaftar kursus yang relevan untuk mendapatkan kualifikasi yang diperlukan, Anda juga perlu memikirkan untuk mendapatkan beberapa pengalaman.

Sekali lagi, ini adalah sesuatu yang dapat membantu meningkatkan peluang sukses Anda dan ada berbagai cara untuk mendapatkan pengalaman, bergantung pada jenis karier yang ingin Anda hadapi.

Misalnya, jika Anda ingin berkarir sebagai copywriter, maka Anda bisa mendapatkan pengalaman dengan melakukan tugas menulis untuk kegiatan amal secara gratis.

Ini akan memungkinkan Anda mendapatkan pengalaman dan membangun portofolio dan mulai melamar pekerjaan di sektor itu.

Biasanya banyak badan amal yang selalu mencari relawan untuk membantu di berbagai bidang, jadi ini adalah pilihan bagus jika Anda ingin membangun pengalaman yang solid.

Ini juga berarti Anda bisa melakukan sedikit hal untuk tujuan bermanfaat pada saat bersamaan. Begitu Anda mendapatkan kualifikasi dan pengalaman yang Anda butuhkan, Anda harus fokus untuk menciptakan resume atau CV yang tentunya akan mengesankan calon atasan dan perusahaan.

Anda juga bisa mendapatkan bantuan profesional untuk mendapatkan resume terbaik dengan menggunakan layanan profesional, dan itu berarti juga dapat meningkatkan peluang kesuksesan dalam karier Anda. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.