Sukses

Konsumsi BBM dan Elpiji Normal Saat Nyepi

Unit Manager Communication & CSR MOR V Rifky Rahman Yusuf mengatakan, alokasi BBM dan Elpiji tidak ada penambahan pada Hari Raya Nyepi.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) prediksi konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Elpiji di Bali normal pada Hari Raya Nyepi , Sabtu  17 Maret 2018.‎

Unit Manager Communication & CSR MOR V Pertamina Rifky Rahman Yusuf mengatakan, alokasi BBM dan Elpiji tidak ada penambahan  pada Hari Raya Nyepi. Diprediksi konsumsi BBM dan Elpiji tetap normal.

"Diprediksi bahwa volume konsumsi dan suplai baik BBM dan Elpiji relatif tetap," kata Rifky, saat berbincang dengan Liputan6.com, di Jakarta, Sabtu (17/3/2018).

Di Bali, konsumsi normal BBM pada kisaran volume 2.700 kilo liter per hari. Diprediksi konsumsi menyambut Hari Raya Nyepi 2018 tidak meningkat.

Meski begitu, Pertamina telah menyiapkan strategi guna memastikan stok BBM aman dengan memaksimalkan penyaluran stok ke seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) hingga Jumat 16 Maret 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Konsumsi normal harian untuk produk Bahan Bakar Khusus (BBK) sebagai  berikut, Premium 500 kl, Pertalite 1200 kl, Pertamax 800 kl, Pertamax Turbo 5 kl, Solar 100 kl, Dexlite 80 kl, Pertamina Dex 20 kl.

Pertamina juga memprediksi konsumsi Elpiji tetap normal pada saat Hari Raya Nyepi, dengan rata-rata konsumsi harian Elpiji 3 kilo gram yaitu sebesar 650 metrik ton (mt) per hari. Penyaluran Elpiji nonsubsidi berupa Bright Gas 5.5 kg dan Elpiji 12 kg di wilayah Bali juga diprediksi berada dalam kondisi normal, dengan rata-rata konsumsi sebesar 30 mt per hari.

Elpiji 3 kg, Bright Gas baik 5.5 kg dan 12 kg dapat ditemukan di 73 agen bersubsidi dan 2400 pangkalan yang tersebar di wilayah Bali. Pertamina juga tetap mengantisipasi bila terjadinya lonjakan kebutuhan Elpiji 3 kg dan 12 kg dengan menyediakan produk Elpiji di lebih kurang 100 SPBU. 

‎Sedangkan konsumsi Bahan Bakar Pesawat Udara Avtur juga normal rata-rata 2.300 kl per hari dan diprediksi tidak akan mengalami peningkatan menjelang Hari Raya Nyepi. Pertamina MOR V juga telah senantiasa menyiapkan armada pengisian avtur ke pesawat sebanyak 7 refueller dan 12 hydrant dispenser.

"Kami pastikan pasokan BBM dan LPG aman dan apabila terjadi indikasi kekurangan di lapangan maka Pertamina akan segera melakukan langkah-langkah antisipasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.” ujar dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.