Berangkat dari Bekasi, Ini Rencana Jadwal Kereta Bandara Soetta

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 16 Mar 2018, 17:24 WIB
Diperbarui 18 Mar 2018, 17:13 WIB
Kereta Bandara Mulai Beroperasi

 

Liputan6.com, Jakarta - Kereta Bandara Soekarno-Hatta (BSH) akan beroperasi hingga Stasiun Bekasi mulai April 2018. Selama ini keberangkatan dan tujuan akhir Kereta Bandara Soekarno-Hatta hanya di Stasiun BNI City, Sudirman, Jakarta.

Hanya saja, tak seperti pengoperasian di Stasiun BNI City yang perjalanannya ada dari dini hari hingga malam hari, perjalanan dari Stasiun Bekasi nantinya akan dibatasi.

Direktur Utama Railink Heru Kuswanto mengatakan terbatasnya pengoperasian Kereta Bandara Soekarno-Hatta di bekasi tersebut dikarenakan Stasiun Bekasi merupakan base dari para pengguna KRL.

"Masalah jamnya, masih diskusi dengan KAI, kami telah diskusi bisa 14 KA per hari jika hanya diberikan non peak hour KRL antara 09.00 WIB - 15.00 WIB. Namun jika kami diizinkan lebih pagi, akan lebih bagus," ujar Heru saat berbincang dengan Liputan6.com, Jumat (16/3/2018).

Terkait harga tiketnya, Heru menjelaskan hal itu sebenarnya masih dalam finalisasi dengam Kementerian Perhubungan dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai induk perusahaan.

Hanya saja, dia memastikan harga tiket dari Bandara Soetta ke Bekasi akan lebih mahal jika perjalanan hanya berhenti di Stasiun BNI City. Saat ini harga tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta dari Stasiun BNI City ke Bandara Soetta sebesar Rp 70 ribu per orang.

"Kira-kira begitu (di atas Rp 70 ribu). Sebenarnya kalu tiket normal Bekasi-Bandara Rp 100 ribu per orang, tapi mau kami diskon dan sedang kami hitung dengan tim pastinya," ujarnya.

Selain itu, nantinya penumpang juga bisa mendapatkan diskon tiket jika keberangkatan dilakukan secara rombongan.

Meski perjalanan KA BSH ini diperpanjang hingga ke Bekasi, namun tidak akan berhenti di setiap stasiun layaknya KRL. "Nanti dari Bekasi langsung berhenti lagi di BNI City," tutup Heru.

2 of 2

Dapat Diskon 50 Persen

Kereta Bandara Mulai Beroperasi
Rangkaian kereta Bandara Soekarno-Hatta yang mulai beroperasi memasuki peron stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Selasa (26/12). Pada 2 Januari, kereta bandara Soekarno Hatta akan diberlakukan tarif normal yaitu Rp 70.000. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, PT Railink memberikan diskon tarif 50 persen untuk pengguna kereta Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) setiap hari Sabtu dan Minggu. Diskon ini mulai berlaku dari 10 Maret 2018 sampai 27 Mei 2018. 

Saat ini, harga tiket kereta Bandara Soetta sebesar Rp 70 ribu per orang. 

"Kami melihat kereta Bandara Soekarno-Hatta berpotensi tidak hanya sebagai moda transportasi yang mengantarkan penumpang ke bandara, namun juga sebagai destinasi wisata bagi keluarga," kata Direktur Komersial Railink, Porwanto HN dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (9/3/2018).

Sejak beroperasi pada 26 Desember 2017, kereta Bandara Soekarno-Hatta telah mengantarkan lebih dari 100 ribu penumpang. Sebagai bentuk apresiasi dan memenuhi antusiasme masyarakat tersebut, Railink membuka kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat umum untuk bisa naik kereta Bandara Soekarno-Hatta dengan meluncurkan diskon tarif 50 persen khusus untuk hari Sabtu dan Minggu.

"Tidak menutup kemungkinan program promo Sabtu Minggu ini akan kami perpanjang jika antusiasme masyarakat terhadap kereta Bandara Soekarno-Hatta terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah perjalanan April nanti," tutur Porwanto.

Lanjutkan Membaca ↓