Sukses

Ini 10 Pekerjaan Bergaji Tinggi yang Cocok untuk si Kutu Buku

Berikut adalah 10 pekerjaan dengan gaji tinggi yang cocok untuk kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Kata ‘kutu buku’ mungkin sudah tak asing lagi di telinga kamu. Orang-orang biasanya menjuluki orang yang suka membaca atau belajar dengan sebutan ini.

Namun terkadang, konotasinya menjadi negatif karena bila kamu seorang kutu buku berarti kamu canggung dalam relasi sosial dan tidak gaul.

Padahal, menjadi kutu buku itu memiliki masa depan yang cemerlang, lo. Banyak pekerjaan menanti bila kamu meneruskan dan mengembangkan kemampuan membaca serta belajar tekun.

Berikut adalah 10 pekerjaan dengan gaji tinggi yang cocok untuk kamu, seperti dikutip dari Swara Tunaiku:

1. Sejarawan

Sejarawan adalah profesi yang membutuhkan kegiatan membaca yang sangat banyak. Bila ingin menjadi sejarawan, berarti kamu harus meneliti, menganalisis, menginterpretasi, serta mempelajari masa lalu melalui sumber dan dokumen historis.

Tugas utama kamu sebagai sejarawan adalah memungkinkan informasi dari masa lalu tersebut dapat diakses dengan mudah di masa sekarang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Editor

Menjadi editor berarti siap dengan segala macam tenggat waktu. Pekerjaan seorang editor meliputi perencanaan, koordinasi, serta mengedit konten materi publikasi.

Selain itu, editor juga mengevaluasi atau melakukan review terhadap proposal dan draft yang hendak dipublikasikan oleh perusahaan.

3. Profesor di bidang bahasa dan sastra

Orang yang suka membaca cocok banget jadi profesor di bidang bahasa dan sastra. Kamu bisa mengajar mata kuliah bahasa dan sastra, termasuk linguistik dan sastra komparatif.

Selain itu, profesor di bidang ini juga bisa terlibat dalam penelitian. Satu hal yang pasti, kemampuan membaca sangat diperlukan dalam profesi ini.

3 dari 6 halaman

4. Sosiolog

Bila kamu seorang kutu buku, kamu bisa mempertimbangkan karier menjadi sosiolog atau profesor di bidang sosiologi. Profesi ini memiliki tugas utama mengajar di universitas dan meneliti hal-hal bersifat sosial. Sumbangannya sangat besar di kehidupan bermasyarakat.

5. Molecular and cellular biologist

Profesi ini juga cocok untuk si kutu buku. Molecular and cellular biologist meneliti dan mempelajari molekul serta organel untuk memahami fungsi dan organisasi dari sel itu sendiri.

4 dari 6 halaman

6. Instructional designers and technologists

Orang-orang dengan profesi ini memiliki jobdesk untuk mengembangkan materi dan produk instruksi serta asistensi di technology-based redesign courses.

Selain itu, mereka juga menyediakan asistensi bila seseorang atau sebuah kelompok belajar ingin mempelajari praktik teknologi instruksional.

7. Ahli hukum

Bila suka membaca buku teks, kamu bisa mempertimbangkan menjadi ahli hukum atau profesor di bidang hukum. Kamu bisa mengajar ilmu tersebut di universitas serta terlibat dalam penelitian di bidang hukum.

5 dari 6 halaman

8. Pengacara

Pekerjaan seorang pengacara adalah merepresentasikan klien baik dalam hal pidana maupun perdata serta proses hukum lainnya. Selain itu, pengacara juga bertugas untuk membuat dokumen legal, mengatur atau menyediakan saran kepada klien dalam transaksi hukum. Kebanyakan pengacara memiliki spesialisasi tersendiri. Ada juga yang praktik di berbagai bidang hukum.

9. Sports medicine physician

Profesi ini melakukan diagnosis, memberi perawatan, serta membantu untuk mencegah cedera yang terjadi di event tertentu. Contohnya adalah olahraga, latihan atletik, atau aktivitas fisik lainnya.

6 dari 6 halaman

10. Political scientists

Bila ingin menjadi seorang political scientist, bersiaplah untuk mempelajari asal usul, perkembangan, dan operasi sistem politik di seluruh dunia.

Profesi ini juga mempelajari berbagai topik seperti opini publik, pengambilan keputusan politis, dan ideologi. Terkadang mereka juga menganalisis struktur dan cara kerja pemerintahan serta entitas politik suatu negara. Tak lupa dengan pengadaan survei serta analisis pemilihan umum.

Itulah 10 profesi buat kamu si kutu buku. Mana yang menarik minatmu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini