Sukses

Gaya Sri Mulyani dan Reza Rahadian Saling Curhat soal Pajak hingga Utang RI

Sri Mulyani dan Reza Rahadian saling curhat di video Q&A. Soal apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dan aktor Reza Rahadian saling blak-blakan dalam video Question and Answer (Q&A) yang dirilis melalui akun resmi Facebook dan Instagram Sri Mulyani, baru-baru ini. Keduanya saling bersemangat saat mengajukan dan menjawab pertanyaan dari para warganet. 

Dari akun Instagram @smindrawati, Jakarta, seperti ditulis Senin (12/3/2018), ada lebih dari 1.500 pertanyaan yang masuk di akun media sosial milik Sri Mulyani itu. Dari ribuan pertanyaan tersebut, terpilih beberapa di antaranya untuk dijawab oleh Sri Mulyani dan Reza Rahadian

Reza Rahadian, aktor dalam film Habibie dan Ainun itu menanyakan soal utang Indonesia. Pertanyaan tersebut datang dari warganet yang mempertanyakan utang Indonesia kebanyakan dari Tiongkok dan Amerika Serikat (AS).

“Apa strategi pemerintah untuk melunasi utang?” tanya Reza kepada Sri Mulyani.

Menjawab pertanyaan Reza, Sri Mulyani mengaku mendapatkan banyak pertanyaan serupa dari masyarakat. Dia menghargai setiap ada pertanyaan yang ditujukan kepadanya.

“Saya menghargai mereka karena mereka care terhadap republik,” kata dia.

Sayangnya, lanjut Sri Mulyani, ada pihak-pihak yang mempolitisasi utang itu dan meragukan kemampuan pemerintah membayar utang.

Kepada Reza, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan pemerintah mampu membayar utang.

“Sebagai seorang menteri keuangan, apakah mampu membayar (utang)? Mampu. Kalau utang, kita sudah masuk investment grade,” kata dia.

Sri Mulyani mengajak masyarakat untuk membandingkan posisi utang Indonesia dengan negara lain seperti Tiongkok.

Dia menambahkan, selama ini masyarakat banyak menganggap Indonesia banyak berutang dari Tiongkok dan Amerika Serikat. Nyatanya, dari sekitar Rp 4.000 triliun utang pemerintah, sebanyak 70 persen surat utang pemerintah sebetulnya dimiliki oleh masyarakat Indonesia.

“Sekarang saya mau menyampaikan, (masyarakat) harus care terhadap republik. Republik harus dijaga untuk semua. Tapi, apakah harus khawatir kita tidak bisa (membayar utang)? Tidak,” kata Sri Mulyani.

 

Reporter: Arie Dwi Budiawati

Sumber: Dream.co.id

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Reza Tertipu soal Pajak

Aktor Reza Rahadian berbicara blak-blakan soal pajak dengan Sri Mulyani. Melalui percakapan dalam video Q&A, Reza mengaku pernah menerima “surat cinta” dari Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan karena tidak membayar pajak.

“Saya ingat betul di 2011, mendapat surat dari Pajak karena ada pajak yang belum dibayar,” kata Reza.

Kala itu, Reza mengaku kurang memahami pajak. Misalnya, berapa pajak yang harus dibayar dari penghasilan yang diterimanya.

Alhasil, pemeran Benyamin Sueb di film Benyamin Biang Kerok ini menggunakan jasa pihak lain untuk membayar pajak. Malangnya, Reza justru kena tipu. Pajaknya tak dibayarkan.

“Dulu ada oknum-oknum yang bilang karena enggak ngerti. (Dia bilang) ‘Saya yang urusin, gampang, dan bayar sekian’. Itu tidak terbukti. Enggak benar. Itu terbukti saya mendapat surat,” kata dia.

Reza menggunakan momen amnesti pajak untuk belajar tentang pajak penghasilan. Dia juga merekap semua penghasilan dan mengumpulkan bukti potongan pajak.

“Ketika ada amnesti, justru itu saya belajar dan ingin tahu banyak hal,” kata Reza Rahadian. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini