Menilik Besaran Gaji PNS di Amerika Serikat

Oleh Vina A Muliana pada 09 Mar 2018, 21:14 WIB
Capitol Hill, DPR Amerika Serikat - AP

Liputan6.com, Jakarta - Pegawai Negeri Sipil (PNS) menjadi sebuah profesi yang paling disorot di Indonesia. Bagaimana tidak, profesi ini sering dianggap sebagai salah satu jenis pekerjaan yang paling ideal di masyarakat. Tak jarang banyak orang Indonesia yang berlomba-lomba menjadi seorang PNS.

Saat ini, Pemerintah RI tengah menggodok Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Gaji, Tunjangan, dan Fasilitas PNS. Jika aturan yang baru ini diberlakukan, PNS yang bekerja kini akan mengalami perubahan jumlah gaji.

Lalu, bagaimana peraturan skema gaji PNS di negara lain seperti di Amerika Serikat (AS)?

Dilansir dari senate.gov, Jumat (9/3/2018), penghasilan tahunan PNS di Amerika Serikat diatur dalam The Ethics Reform Act yang dibuat sejak tahun 1989. Dari dokumen tersebut, besaran penghasilan kemudian disesuaikan menurut kenaikan inflasi.

Dalam dokumen daftar gaji PNS di 2015 terlihat bahwa jabatan Presiden Amerika Serikat mendapat gaji US$ 400 ribu setiap tahun atau sekitar Rp 5,5 miliar per tahun dengan estimasi kurs 13.750 per dolar AS. Sementara wakil presiden mendapat gaji US$ 235 ribu per tahun atau kurang lebih Rp 3,23 miliar.

Jaksa Agung mendapat gaji US$ 258 ribu per tahun, hakim US$ 213 ribu per tahun. Di tingkat senat, pimpinan senat berhak akan gaji US$ 193 ribu. Sementara senator dan anggota senat gajinya adalah US$ 174 ribu.

 

1 of 2

Level Menteri

Rupiah Menguat Tipis atas Dolar
Petugas bank menghitung uang dollar AS di Jakarta, Jumat (20/10). Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) masih belum beranjak dari level Rp 13.500-an per USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Untuk level menteri, gaji per tahun yang berhak didapat ialah US$ 203 ribu. Wakil menteri mendapat gaji US$ 183 ribu.

Wakil Dirjen dan Irjen gaji per tahun adalah US$ 158 ribu. Dibawahnya ada direktur yang berhak akan penghasilan sebesar US$ 148 ribu.

PNS Amerika Serikat di level Senior Eksekutif bisa mendapat gaji dengan rentang minimum US$ 121 ribu hingga maksimal US$ 183 ribu.

Sementara PNS yang berada di level bawah digolongkan ke dalam 15 tingkatan. Minimal, PNS di Amerika Serikat mendapat gaji US$ 18 ribu per tahun. Sementara angka maksimal gaji yang bisa didapat adalah US$ 101 ribu.

Lanjutkan Membaca ↓

Tag Terkait

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
ronde aroronde aro

jgn bandingin penghasilan wni dgn warga us disana gaji umrnya hitungan perjam indonesia boro boro pwnulis gaptek atau gagap negara sich