Sukses

JK: Genjot Produksi Pangan, RI Perlu Belajar dari India

Wakil ‎Presiden Jusuf Kalla (JK) ingin Indonesia mengatasi tantangan pertanian dengan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil ‎Presiden Jusuf Kalla (JK) ingin Indonesia mengatasi tantangan pertanian dengan teknologi. Dengan begitu dapat meningkatkan swasembada dan ketahanan pangan.

JK mengatakan, penduduk Indonesia akan bertambah 100 juta menjadi 350 juta pada 2045. Kondisi ini membuat Indonesia harus siap meningkatkan produksi pangan sekitar tiga persen per tahun.

‎"Kalau di Indonesia kira-kira 2045 penduduk kita bisa 350 juta. Artinya, kebutuhan pangan dibutuhkan terus menerus naik kira-kira 3 persen per tahun," kata JK, ‎saat membuka acara Jakarta Food Scurity Summit, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (8/9/2018).

JK menuturkan, untuk meningkatkan produktivitas pangan harus menghadapi ‎berbagai tantangan, yaitu jumlah penduduk yang meningkat, berkurangnya lahan pertanian aibat urbanisasi dan perubahan iklim. Tiga hal tersebut akan mempengaruhi produktivitas pertanian.

"Berikutnya ketersediaan air juga jadi masalah yang besar. Karena itu maka tren harga hasil pertanian selalu naik w‎aktu saya ketua Bulog pada tahun 2000, harga impor dolar hanya US$ 170 per ton , sekarang sudah US$ 420 per ton. Dalam waktu 18 tahun naik tiga kali lipat," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

JK mengungkapkan, untuk menjawab tantangan tersebut perlu dilakukan upaya optimistis, melalui penggunaan teknologi pertanian sehingga keterbatasan yang ada dapat teratasi. Seperti teknoogi tanama yang hemat air dan dapat lebih banyak menghasilkan.

‎"Sekarang tentu banyak perubahan-perubahan, dunia harus membuat revolusi baru yaitu bibit yang baik misalnya hybrid, dan upaya lainnya seperti pengairan, hemat air, harus menjadi prioritas. Karena itu pikiran optimisme yang bisa mengatasi pertumbuhan penduduk, pengurangan lahan, maka tantangan lainnya adalah mengubah sistem yang lain jadi positif," ungkap JK

JK menuturkan, saat ini banyak negara yang dapat meningkatkan produktivitas pertaniannya tanpa menambah lahan. Dia mencontohkan, India negara yang sebelumnya menjadi importir gandum saat ini menjadi eksportir gandum. Bahkan, Indonesia saat ini mengimpor beras dari India.

‎"Banyak negara yang berhasil meningkatkan produtkivitas tanpa menambah lahan. Contoh india, dulu impor gandum sekarang ekspor gandum. kita juga impor beras dari india. Kita harus belajar dari India," ujar JK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.
    Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla atau sering ditulis Jusuf Kalla atau JK adalah Wakil Presiden Indonesia yang menjabat sejak 20 Oktober 2014.

    Jusuf Kalla

  • India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia
    India ialah sebuah negara di Asia yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di dunia

    India

  • JK

  • Pangan