Sukses

Harga Cabai dan Bawang Terus Merangkak Naik

Untuk bawang kenaikannya di kisaran Rp 2.000 per kilogram (kg) hingga 10 ribu per kg.

Liputan6.com, Jakarta - Harga sejumlah bahan pangan merangkak naik di pasar tradisional. Harga pangan yang kenaikannya cukup tinggi adalah bawang dan cabai. Untuk bawang kenaikannya di kisaran Rp 2.000 per kilogram (kg) hingga 10 ribu per kg, sedangkan untuk cabai bisa mencapai Rp 20 ribu per kg.

Wahyu (50), salah satu pedagang sayur di Pasar Pondok Gede, Jatiwaringin, Bekasi, mengatakan bahwa komoditas bawang merah mengalami lonjakan harga yang sangat tinggi. 

Pada pekan lalu, dia menjual bawang merah di angka Rp 20 ribu per kg. pada awal pekan ini, dirinya menjual dengan harga di kisaran Rp 25 ribu per kg hingga Rp 30 ribu per kg.

"Bawang merah naik banget. Kemarin sempat turun, cuma sekarang lagi musim hujan. Jadi pada naik lagi," ucapnya kepada Liputan6.com, Senin (5/3/2018).

Untuk bawang putih kini di angka Rp 29 ribu per kg, naik Rp 2.000 dibandingkan dengan minggu lalu yang ada di kisaran Rp 27 ribu per kg.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cabai Juga Naik

Selain komoditas bawang, harga cabai juga terpantau naik di Pasar Pondok Gede.

Wahyu menuturkan kenaikan harga cabai terbilang tinggi. Ini terjadi pada cabai rawit dan cabai keriting besar.

"Cabai keriting sekarang Rp 40 ribu per kg, kemarin cuma Rp 25 ribu. Kalau rawit merah Rp 60 ribu per kg. Minggu lalu cuma Rp 40 ribu. Naiknya tinggi," tuturnya.

Wahyu melanjutkan, untuk harga sayuran cenderung stabil dan turun dibandingkan dengan cabai dan bawang. Terpantau, hanya kentang saja yang mengalami kenaikan.

"Tomat sekarang Rp 10 ribu per kg, stabil. Kentang yang naik. Sekarang Rp 14 ribu, kemarin Rp 13 ribu per kg," ujarnya.

Ini dibenarkan oleh pedagang sayur lain di Pasar Pondok Gede, Malinda (55). Ia menyebut beberapa harga sayuran cenderung turun pada Senin pekan ini.

"Timun dan sawi Rp 8 ribu per kg, stabil. Kentang naik Rp 2 ribu, sekarang Rp 16 ribu per kg. Wortel justru turun sekali, sekarang 6 ribu per kg. Kemarin kan Rp 12 ribu," ungkapnya.

 

3 dari 3 halaman

Rincian Harga

Berikut pantauan harga beberapa bahan pangan di Pasar Pondok Gede:

Bawang

Harga bawang merah naik dari Rp 20 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg. Bawang putih naik dari Rp 27 ribu per kg menjadi Rp 29 ribu per kg.

Cabai

Komoditas cabai alami kenaikan pada jenis rawit merah dan juga cabai keriting. Cabai rawit merah naik dari Rp 40 ribu per kg menjadi Rp 60 ribu per kg. Sedangkan cabai keriting naik dari Rp 25 ribu per kg menjadi Rp 40 ribu per kg.

Komoditas lain

Harga sayur-sayuran lain cenderung stabil dan juga turun. Kentang alami kenaikan harga. Harga timun dan sawi Rp 8 ribu per kg. Wortel turun dari Rp 12 ribu menjadi Rp 6 ribu. Kentang naik dari Rp 13 ribu menjadi Rp 14 ribu.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.