5 Kiat Diet Murah dan Mudah demi Miliki Tubuh Ideal

Oleh Nurseffi Dwi Wahyuni pada 04 Mar 2018, 06:00 WIB
Ilustrasi Diet

Liputan6.com, Jakarta - Rutinitas kerja yang monoton dan dikerjakan setiap hari tidak hanya dapat membuat kejenuhan pikiran tetapi juga mengganggu kesehatan. Terutama bagi pekerja kantoran yang sebagian besar harinya habis di balik meja.

Ditambah pula dengan gaya hidup yang tak sehat seperti lebih banyak mengonsumsi makanan instan, junk food yang dianggap lebih praktis. Namun hasilnya, metabolisme tubuh Anda akan terganggu, lemak menumpuk dan berisiko obesitas.

 

Untuk mengatasi masalah ini salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan diet. Mengubah dan mengatur pola makan serta asupan kalori yang tepat untuk tubuh. Diet sebenarnya tidak mahal, kok, karena bisa dilakukan tanpa harus membeli suplemen seharga ratusan ribu rupiahatau pergi ke gym.

Dilansir dari Swara Tunaiku, ada 5 kiat diet yang mudah dan murah untuk miliki tubuh ideal. Yuk, contek caranya di bawah ini:

1. Minum air lebih banyak

Biasakan minum segelas air putih hangat sesaat setelah bangun di pagi hari. Saat air putih hangat mengisi perut yang kosong, suhu tubuh akan menghangat dan pembakaran lemak dimulai. Selain itu, meminum 1 gelas air putih hangat sebelum makan juga disebut efektif membantu diet.

Pasalnya, air hangat yang mengisi perut kosong dapat mengurangi rasa lapar dan membuat nafsu makan mudah dikontrol. Untuk Anda yang tidak menyukai air putih, bisa mencoba membuat infused water sebagai bekal ke kantor.

Infused water baik untuk mendetoks racun-racun dalam tubuh, dan membuat tubuh lebih segar dan sehat. Harganya pun terjangkau. Untuk membuat infused water cukup memilih buah seperti mentimun dan lemon. Biaya yang Anda sediakan hanya sekitar Rp 10 ribu.

1 of 3

2. Membawa bekal dari rumah

[Bintang] Ilustrasi Makanan Nasi
Sering dituding sebagai penyebab tubuh gemuk, benarkah nasi putih bikin diet gagal? (Sumber Foto: Shutterstock/TheList)

Diet berarti mengurangi konsumsi gorengan dan memperbanyak serat. Oleh karena itu, sempatkan untuk membeli sayur di pasar. Dengan bujet Rp 5.000 hingga Rp 15 ribu saja dapat dijadikan untuk 3 kali persediaan makan. Jika ingin agar diet lebih menyenangkan, bereksperimen dengan salad atau konsumsi oatmeal dan superseed.

Selain serat, protein pun krusial karena perut akan lebih cepat kenyang ketika mengkonsumsi protein, ketimbang karbohidrat atau lemak. Sumber protein bisa didapat dari protein nabati seperti ayam bagian dada. Rata-rata harga daging ayam di pasaran adalah Rp 35 ribu hingga Rp 45 ribu per ekor. 

3. Mengganti beras putih dengan beras merah

Dengan porsi yang lebih kecil, beras merah membuat perut lebih cepat kenyang dibandingkan beras putih. Asyiknya lagi, kandungan gizi yang terkandung jauh lebih baik.  Jika Anda ingin mengganti dengan beras merah maka siapkan uang sekitar Rp 20 ribu hingga Rp 30 ribu per kg.

 

2 of 3

4. Mengurangi penggunaan gula dan garam

Mengonsumsi garam berlebih memicu kenaikan berat badan hingga 20 persen. Sama halnya jika mengonsumsi gula berlebih yang dapat memicu obesitas, meningkatkan kolesterol, diabetes, hingga penyakit jantung karena gula adalah karbohidrat sederhana dengan kandungan kalori yang tinggi.

Untuk itu, dibutuhkan komitmen cukup kuat untuk mengurangi bahkan menghindari makan-makanan ringan seperti cokelat, eskrim, minuman bersoda, dan penganan ringan lainnya. Untuk mengganjal perut jika lapar, alih-alih mengunyah snack, ganti dengan buah-buahan seperti apel atau pir.

5. Memperbanyak aktivitas fisik

Agar diet lebih maksimal, perlu didukung dengan rutin berolahraga. Fungsi olahraga adalah untuk membantu membakar lebih banyak kalori. Jika tidak bisa menyisihkan waktu khusus, selipkan aktivitas fisik di kegiatan sehari-hari.

Misalnya, dengan jalan kaki selama 30 menit per hari saat menuju kantor atau mencari makan siang. Setelah menyimak beberapa kiat yang mudah dan murah dilakukan, apakah Anda tertarik mencobanya?

Lanjutkan Membaca ↓