Sukses

Inilah Alasan SEO Penting untuk Bisnis Online Anda

Jika Anda masih belum paham peran SEO, yuk, simak penjelasan lengkap mengenai betapa pentingnya SEO.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan, bisnis online kian marak digandrungi banyak orang. Beragam cara pun dilakukan untuk membuatnya menarik banyak pengunjung dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bantuan SEO.

Bagi para pebisnis online, peran SEO amat penting dan tidak lagi bisa diabaikan. Tidak heran, mereka yang bekerja di bidang periklanan, pastilah mahfum peran SEO.

Nah, jika Anda masih belum paham peran SEO, yuk, simak penjelasan lengkap mengenai betapa pentingnya SEO, seperti dikutip Swara Tunaiku.

1. Harus lihai dalam memilih keyword

Tantangan terbesar menaklukan SEO pastilah ada di poin satu ini: keyword. Untuk mendapatkan keyword yang tepat, dicari banyak orang, dan tentunya sesuai dengan target market, Anda harus mampu mengenal tren pasar.

Misalnya, jika bisnis bergerak di bidang online fesyen Korea, Anda harus menggunakan keyword yang seperti “baju Korea murah”, “fashion Korea terbaru”, dan lainnya. Kembangkan kreativitas agar keyword yang digunakan tidak itu-itu saja. Jika Anda memasukkan keyword yang pas dan dicari banyak orang, maka peringkat situs pasti akan naik di jajaran atas. Nah, untuk menemukan keyword ini, rajin-rajinlah survei yang mendetail!

2. SEO butuh konten berkualitas

Kalau sudah jago menemukan keyword yang tepat, Anda butuh konten yang berkualitas supaya sukses. Salah satu tips dari para pengelola SEO, SEO dan konten adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jika ingin SEO bagus, konten pun harus berkualitas.

Untuk itu, Anda harus mengasah kemampuan menulis agar bisa membuat konten yang enak dibaca dan memuat keyword yang ada. Anda juga harus memperhatikan keaslian dan pemilihan diksi. Caranya, perbanyak riset tulisan kompetitor. Siapa tahu dari situ mendapatkan inspirasi untuk konten baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Punya aturan ketat pada cara ‘ilegal’

Apabila punya SEO yang bagus, situs itu bisa jadi muncul pada halaman pertama pencarian Google. Dengan alasan ini, ada banyak pebisnis bandel yang nekat melakukan cara ilegal agar bisa masuk dalam jajaran atas pencarian Google.

Padahal, tindakan ini berbahaya. Jika Google mendeteksi kecurangan, situs Anda bisa diblokir. Alih-alih dapat untung, malah kehilangan ladang jualan.

Jadi, ada baiknya untuk menghindari black hat SEO dan pilih jalan yang legal. Daripada sibuk bermain curang, lebih baik perbaiki pelayanan pada pelanggan.

4. Cermat memilih link untuk konten

Untuk memberi nilai tambah pada SEO, Anda bisa menambahkan sekitar tiga link eksternal di konten. Namun, link ini harus diawasi dengan cermat secara berkala. Karena bisa jadi link eksternal itu dihapus oleh pemilik aslinya, atau ternyata malah menunjuk ke situs lain.

Jangan lupa untuk selalu survei dan melakukan perubahaan pada link tersebut kalau dibutuhkan.

3 dari 3 halaman

5. Perhatikan perubahan pada Panda

Poin terakhir, cermatlah dan selalu update dengan perubahan pada Google Panda. Google Panda adalah algoritma buatan Google yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hasil pencarian dari mesin pencari Google.

Sering kali saat mengecek, Anda mendapati peringkat situs turun drastis karena Panda melakukan pembaruan tanpa pemberitahuan. Jadi, selalu ada kemungkinan situsmu yang ada di jajaran atas hari ini, turun di halaman kedua esok hari.

Maka dari itu, Anda dituntut lebih up to date dan mengikuti tren. Kabarnya, Panda akan melakukan update pada tiap kuartal. Namun, ada pula yang percaya bahwa update dilakukan tiap hari. Agar aman, buatlah konten orisinal yang bagus, keyword yang pas, dan lakukan secara legal. Hal ini bisa meminimalkan jatuhnya peringkat situs.

SEO memang terkesan lumayan rumit dan susah. Namun, jika sudah terbiasa bermain SEO, pasti akan terasa menyenangkan. Dari sini, Anda bisa mencari peluang kesuksesan dalam bisnis online. Kuncinya, jangan ragu untuk terus mencoba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini