Sukses

Lakukan 7 Hal Ini untuk Merealisasikan Ide Bisnis Anda

Jika Anda sudah memiliki ide-ide bisnis yang bagus, lakukan cara berikut agar ide bisnis Anda segera terwujud.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki bisnis sendiri adalah impian sebagian banyak orang. Sayangnya, tidak semua orang berani mewujudkan mimpi tersebut.

Beberapa di antaranya takut untuk mengambil risiko dan sebagian lainnya ragu-ragu dalam merealisasikan ide-ide cemerlang yang mereka miliki.

Yuk, jadi berbeda dari mereka. Jika Anda sudah memiliki ide-ide bisnis yang bagus, lakukan cara berikut agar ide bisnis Anda segera terwujud.

Swara Tunaiku telah merangkum beberapa hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan ide bisnis Anda. Berikut uraiannya:

1. Definisikan Ide

Hal yang pertama dilakukan ketika telah menemukan ide bisnis adalah mendefiniskan ide tersebut. Buatlah konsep yang lebih spesifik dari ide bisnis yang sudah Anda pikirkan. Pertimbangkan segala hal termasuk target pasar, nilai pembeda, hingga peluang dan kompetitor yang ada.

2. Praktikan Ide Bisnis

Untuk mengetahui seberapa besar demand dari produk ide bisnis Anda, maka Anda perlu melakukan uji coba pasar. Cobalah untuk menawarkan produk yang tengah Anda gagas kepada saudara, teman, atau kolega. Kemudian, Anda bisa meminta mereka untuk memberikan feedback berupa komentar, kritik, dan saran terkait produk uji coba Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Identifikasi Kebutuhan Resource Produk Bisnis

Setelah Anda memiliki data demand dari produk Anda, langkah selanjutnya adalah melakukan identifikasi segala resource yang akan dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Pastikan Anda sudah mengumpulkan segala hal yang mendukung gagasan idemu seperti pengetahuan bisnis, biaya produksi, pemasaran, waktu, dan lain sebagainya.

4. Mengamankan Modal

Setelah mengatahui kebutuhan resource bisnis Anda, maka Anda akan mendapatkan estimasi biaya modal yang harus dimiliki. Anda perlu memikirkan dari mana bisa mendapatkan biaya sebesar estimasi harga dari kebutuhan tersebut. Anda bisa menggunakan tabungan, pinjaman bank, atau mencari pekerjaan sampingan untuk mengumpulkan modal awal.

3 dari 4 halaman

5. Membuat catatan to do list

Setelah yakin dengan empat langkah di atas, maka Anda bisa mulai mencatat pekerjaan-pekerjaan yang bisa Anda lakukan. Buatlah catatan to do list untuk mempermudah Anda dalam melakukan langkah-langkah peluncuran produk. Catatlah dengan detil langkah apa yang harus Anda ambil dan juga segala kebutuhan dan risiko yang dihasilkan.

6. Tetapkan Deadline

Memiliki tenggat waktu atau deadline berguna untuk mendisiplinkan segala rencana kerja. Dengan deadline tersebut, Anda bisa menentukan pencapaian apa yang akan diraih di waktu-waktu yang telah ditentukan. Anda bisa membuat deadline dan tempo waktu dari awal perencanaan pembuatan produk hingga pasca peluncuran produk.

 

4 dari 4 halaman

7. Evaluasi

Setelah melakukan peluncuran produk bisnis, Anda perlu untuk melalukan evaluasi pada produk bisnis Anda. Dengan melakukan evaluasi ini, Anda bisa mengetahui kekurangan dari produk tersebut dan bagaimana cara untuk memperbaikinya.

Meski terdengar sederhana dan mudah, merealisasikan ide bisnis merupakan proses yang cukup panjang. Proses ini akan cukup sulit sehingga Anda harus gigih dan tekun dalam menjalankan segalanya.

Yang perlu Anda ingat adalah ide bisnis hanya akan menjadi ide jika Anda tidak memulai langkah kecil untuk mewujudkannya. Kalau dirasa ide bisnis Anda cukup habat, maka mewujudkan hal tersebut akan menjadi jauh lebih hebat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini