Sukses

Sering Pakai Duit Tabungan untuk Belanja? Ubah Kebiasaan Lewat Cara Ini

Untuk menghindari belanja karena sifat konsumtif, Anda sebaiknya menyimak tips terbaik untuk belanja agar uang tabungan tidak sampai terpakai.

Liputan6.com, Jakarta - Belanja adalah kegiatan yang memang menyenangkan dan asik untuk dilakukan. Laki-laki ataupun perempuan pada dasarnya sangat senang berbelanja, baik itu untuk kebutuhan rumah tangga, fesyen, maupun hal lainnya.

Namun, tidak banyak orang yang bijak dalam berbelanja sehingga uang tabungan sampai harus dipakai untuk berbelanja. Umumnya manusia memiliki sifat konsumtif sehingga mudah sekali tergiur dengan barang yang dilihat.

Untuk menghindari belanja karena sifat konsumtif, Anda sebaiknya menyimak tips terbaik untuk belanja agar uang tabungan tidak sampai terpakai, seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Belilah Apa yang Dibutuhkan

Cara belanja yang benar adalah mendahulukan apa yang dibutuhkan dan bukan mendahulukan apa yang diinginkan. Jangan mengikuti keinginan semata untuk membeli barang yang kurang penting dan tidak terlalu dibutuhkan.

Dahulukan kebutuhan, semisal beras, gula, sabun, sampo, dan kebutuhan sehari-hari lainnya yang tidak bisa ditunda. Dengan begitu, uang tidak habis sia-sia karena hal yang remeh dan sepele.

Ingatlah, jika mendahulukan keinginan saat belanja, Anda akan menyesali konsekuensi yang mesti diterima. (Baca Juga: Tingkatkan 5 Kemampuan Ini untuk Mendukung Kesuksesan Karir)

2. Berburu Diskon dan Promo

Berburu diskon tidak hanya bisa dilakukan saat tahun baru atau hari raya, tapi juga setiap bulan, bahkan setiap weekend. Anda bisa memanfaatkan diskon atau promo yang ada di supermarket setiap bulannya.

Pastikan jika Anda juga sudah mencatat apa saja barang yang akan dibeli. Pastikan juga jika barang diskon yang Anda akan beli memang dibutuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Buat List Belanjaan

Belanja memang hal yang menyenangkan, tapi jangan lupa untuk membuat list belanjaan sebelum Anda berbelanja. Ada banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membuat list belanjaan.

Pertama, Anda akan tahu barang apa saja yang memang dibutuhkan dan harus dibeli. Kedua, Anda akan jauh lebih hemat karena tidak asal memilih barang belanjaan. Ketiga adalah menghemat waktu belanja.

4. Gunakan Uang Tunai

Salah satu cara untuk hemat dalam belanja adalah dengan membawa uang tunai. Bawalah uang tunai ketika Anda akan berbelanja. Tentu ini akan sangat membantu Anda untuk tidak boros dibandingkan jika membayar dengan kartu kredit atau debit. Pastikan jika uang yang dibawa cukup dan jangan memaksakan untuk membeli barang tidak penting jika uang tidak cukup.

3 dari 3 halaman

5. Menahan Diri untuk Tidak Belanja yang Bukan Kebutuhan

Cara berhemat yang tepat bisa dilakukan sebelum berbelanja ialah dengan menahan diri untuk tidak belanja yang bukan kebutuhan. Pastikan Anda sudah tahu apa yang akan dibelanjakan nanti agar tidak lapar ketika sudah sampai di mal atau supermarket.

Jangan lupa untuk membawa botol air minum agar Anda juga bisa lebih hemat tanpa harus membeli makanan atau minuman di mal atau food court atau supermarket nantinya.

6. Jangan Buang Waktu Berlama-Lama di Mal atau Supermarket

Membuang-buang waktu bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Sebab bisa jadi hal ini akan sangat merugikan Anda. Karena itu, batasi waktu belanja agar tidak membuang waktu Anda. Jauh lebih baik jika waktu yang terbuang itu dimanfaatkan untuk hal-hal produktif atau positif.

Jadilah orang yang bijak ketika berada dalam urusan belanja agar Anda tidak merugi di akhir nanti. Belilah barang yang memang Anda butuhkan bukan barang yang diinginkan.

Jauh lebih baik jika uang ditabung daripada digunakan untuk membeli barang yang tidak penting. Belajarlah dari pengalaman belanja Anda sebelumnya. Sebab pengalaman adalah guru terbaik Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini