Sukses

Pasok Listrik ke Pulau Gili Gede, PLN Bentangkan Kabel Bawah Laut

Gili Gede merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi, khususnya di bidang perikanan dan pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Barat membangun infrastruktur kelistrikan ke Pulau Gili Gede Nusa di Tenggara Barat yang memiliki potensi pariwisata.

General Manager PLN Wilayah NTB Mukhtar mengatakan, infrastruktur kelistrikan yang berlokasi di Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, tersebut akan tersambung dengan sistem kelistrikan Lombok. Mekanismenya, PLN akan membangun kabel laut 20 kiloVolt (kV) sepanjang 2 x 2,4 kilo meter (km).

"Kelistrikan Gili Gede akan disabung dengan kabel laut," kata dia di Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Sulitnya medan dan keterbatasan alat transportasi membuat PLN harus bekerja lebih keras untuk melistriki rumah 450 kepala keluarga yang berada di pulau tersebut. Adapun tantangan terbesar saat melistriki wilayah-wilayah terpencil adalah medan yang sulit dan alat transportasi yang terbatas.

Untuk melistriki Gili Gede misalnya, pengangkutan peralatan kelistrikan harus dengan cara tradisional, yaitu menggunakan tongkang sederhana yang ditarik kapal kayu. Untuk menaikan seluruh peralatan, seperti gulungan kabel, trafo dan tiang juga dilakukan secara manual, dengan digotong atau menggunakan gerobak.

“Hal ini membuat proses pengangkutan dan pembangunannya lebih lama. Karena kapal dan peralatannya sederhana, tentu kami harus lebih hati-hati. Ombak besar sedikit, tentu menaikkan peralatan ke kapal lebih sulit, bahkan terkadang kami harus menunda pengangkutan sampai cuacanya membaik,” papar Mukhtar.

 

Begitu juga saat tiba di Gili Gede, seluruh peralatan diangkut dari dermaga menuju lokasi pemasangan menggunakan gerobak, bahkan terkadang harus digotong oleh beberapa petugas. Pasalnya, selain akses jalan yang kecil, di Gili Gede pun tidak terdapat mobil.

“Kami akan menyambungkan 2 kabel sekaligus, satu sebagai cadangan, sehingga jika ada gangguan, penyaluran listrik bisa dialihkan. Selain itu, kalau pertumbuhan beban tinggi, kami juga tetap bisa penuhi,” lanjut Mukhtar.

Gili Gede merupakan salah satu pulau yang memiliki potensi, khususnya di bidang perikanan dan pariwisata. Sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai nelayan dan budidaya ikan laut. Beberapa penduduk juga memiliki homestay bagi wisatawan.

Saat ini, penduduk Gili Gede menggunakan genset untuk memenuhi kebutuhan listriknya. Oleh karena itu, kehadiran listrik PLN ini juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat Gili Gede.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN