Ingin Pertahankan Kekayaan? Begini Caranya

Oleh Bawono Yadika pada 23 Feb 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 25 Feb 2018, 07:13 WIB
Ilustrasi orang kaya

Liputan6.com, Jakarta - Kadang seseorang ingin menjadi kaya. Oleh karena itu, usaha, kerja keras dan memikirkan strategi dilakukan untuk menjadi orang kaya. Akan tetapi, mempertahankan kekayaan juga penting. 

Salah satunya caranya dengan menjaga pengeluaran tidak lebih besar dari penghasilan. Hal ini penting mengingat hidup tidak hanya untuk hari ini saja, namun di hari-hari esok kemudian.

Dilansir dari CNBC, berikut tips jitu yang bisa ditiru dalam mengelola harta kekayaan:

1. Investasi

Dengan banyaknya aset investasi di era sekarang, Anda bisa memilih investasi apa yang paling cocok dan sesuai dengan pribadi kalian. Real estate, saham, atau lainnya yang dianggap mungkin untuk dicoba.

2. Perhatikan pengeluaran

Ke mana uang kalian pergi, kalian harus mengetahuinya dengan persis. Ini karena gaya hidup terkadang dapat membuat segalanya menjadi buruk. Perhatikan pengeluaran Anda, dan kendalikan dengan sebaik mungkin.

3. Hidup di bawah standar

Mengetahui setiap standar orang berbeda-beda, maka sangatlah penting untuk mengaplikasikan kesederhanaan dalam kehidupan masing-masing. Jadilah sederhana meskipun banyak kesuksesan yang diraih. Kesuksesan boleh meningkat, namun gaya hidup seharusnya tetap sama. Pilihlah kesederhanaan meski pun kekayaan sudah diraih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 3 halaman

Trik Ingin Jadi Orang Kaya

Ingin menjadi orang kaya? Pahami 5 hal berikut ini,
Ingin menjadi orang kaya? Pahami 5 hal berikut ini, (Istockphoto)

Sebelumnya, siapa yang tak ingin hidup kaya raya, mandiri secara keuangan, dan membeli keinginan dan kebutuhan sesuka hati. Namun, tahukah yang Anda butuhkan konsistensi yang tinggi untuk mencapai ini semua.

1. Belajar tiap hari

Dengan kesibukan atau aktivitasmu yang padat sehari-hari, Anda harus mampu menciptakan sistem yang membuat diri dapat tumbuh dan belajar ilmu baru tiap harinya. Ini bisa diwujudkan dengan membangun kebiasaan-kebiasaan kecil saat menjalani hari-hari sehingga Anda menjadi ahli.

2. Pertemanan yang kaya

Bukan tentang seberapa kaya temanmu atau lingkunganmu, namun cobalah pilih teman-teman yang membantumu untuk berpikir ke depan dan mendorong untuk sukses. Mereka kritis dalam menentukan langkah yang baik bagi hari Anda di masa depan nanti.

3. Ciptakan mimpi

Bangun tujuan Anda untuk mewujudkan mimpi-mimpi. Sekitar 80 persen kesuksesan menurut paraorang kaya di dunia ditentukan oleh bagaimana mendesain dan mewujudkan mimpi.

4. Sabar atau konsisten

Hanya dengan konsistensi yang Anda bangun, maka keberuntungan akan muncul di depan mata. Teruslah konsisten bangun kebiasaan baik, sehingga membuka pintu kesuksesan.

 

3 dari 3 halaman

5. Ciptakan banyak penghasilan

Sebanyak 65 persen jutawan dalam sebuah penelitian menyebutkan setidaknya memiliki tiga pemasukan. Selain mencegah masuk ke dalam lembah kemiskinan, ini juga memaparkan fakta ketika satu pintu gagal maka ada pintu lain yang bisa dibuka.

6. Kalkulasikan risiko

Selain membangun kebiasaan positif, Anda juga harus mampu mengalkulasikan kesempatan dan risiko yang ada. Hal ini bisa kalian lakukan dengan berinvestasi pada sektor-sektor tertentu.

7. Optimistis dan antusias

Tanpa mempunyai sifat yang satu ini tampaknya tidak mungkin bisa sukses meraih mimpi. Karena dengan percaya pada potensi diri dan antusias dapat membuat Anda mengejar karier impian. 

8. Kendalikan emosi, pikiran dan ucapan

Dengan banyaknya kendala di kantor, tak jarang emosi dan pikiran mengarahkan kita pada hal-hal yang buruk. Padahal kendala bisa berarti kebaikan jika teman-teman melihat sisi positif dari insiden tersebut. Jadi pilihlah dengan bijaksana pikiran serta emosi Anda.

9. Selesaikan apa yang dimulai

Orang berhasil tidak menyerah. Selesaikan apa yang telah Anda mulai, fokus dan berikan kontribusi yang maksimal untuk hal itu. Jangan pernah setengah-setengah

10. Tetap sehat

Kalian bisa menciptakan uang meskipun sedang terbaring di rumah sakit, maka sehatlah untuk terus mampu mengejar mimpi. Karena dari semua hal di atas, sehat adalah kunci untuk memenuhi target-target Anda.

 

Lanjutkan Membaca ↓